Kisah Pantai Nglambor dan Dua Kura-Kura Raksasa Penjaga Pantainya

, , 29 comments

Seperti kura-kura raksasa penjaga pantai, dua pulau karang melintang di tengah laut hendak melindungi pantai dari hempasan ombak pantai selatan jogja yang terkenal ganas.

Begitulah kesan yang pertama kali, saya beserta salah satu rekan saya, mba Sash melihat dua pulau yang ada di pantai Nglambor, Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai dengan bentuk seperti teluk yang menjorok ke dalam. Keberadaan dua pulau tersebut menjadikan pantai ini memiliki ombak yang relatif tenang walaupun dalam keadaan pasang. Pantai ini tidak memiliki pasir yang luas tapi memiliki terumbu karang yang lumayan bagus, sehingga sampai ada yang pernah mencoba snokring disana.

Bagaimana cara menuju kesana?
Pantai ini terletak di sebelah barat pantai Siung, lokasi favorit pemanjat tebing  atau sebelah timurnya pantai air terjun Jogan sehingga untuk mencapai ke pantai Nglambor dari Jogja searah menuju pantai Siung. Jika berangkat dari jogja, kita akan menempuh 2 jam perjalanan dengan melewati jalan wonosari menuju kota wonosari, dari kota wonosari kita menempuh jalan baron. Dari sini sudah banyak papan petunjuk jalan yang mengarahkan kita ke pantai Siung. Setelah melewati gerbang loket masuk pantai Siung dan melewati jalan masuk pantai Jogan, akan ada jalan kecil di kanan jalan berbatu. Lewati jalan tersebut dan kita akan melihat pantai Nglambor dari jejauhan. Selangkah lagi sampai ke tepi pantai, ada Jalan turunan curam yang saya liat agak berbahaya, batuannya kurang stabil. Untuk jaga-jaga lebih baik memarkirkan kendaraan sebelum jalan turunan.

Akhirnya sampai


Pulau yang ada di pantai inilah istimewaannya, jika dilihat dari atas pulau tersebut bagai kura-kura raksasa, yang satu hendak menepi, yang satu hanya kelaut. Keberadaan kedua pulau tersebut meredam ombak besar dari laut selatan yang hendak menyerang pantai ini. Selain itu pantai ini mempunyai terumbu karang yang cantik, dan terdapat biota laut yang hidup disana. Karena hal tersebut pantai ini dipilih sebagai tempat snokring di Jogja. Terdapat pula segemerincik air yang keluar dari bawah batuan tebing sebelah barat. Air tersebut banyak dimanfaatkan oleh warga setempat untuk air minum, mencuci, sumber air lading mereka dan lain-lain. Untuk itu sebisa mungkin kita sebagai pengunjung pantai ini untuk tidak mengotori sumber air tersebut.


Mengingat kawasan ini merupakan kawasan konservasi laut, mari kita bantu si Kura-kura raksasa penjaga ekosistem pantai Nglambor dengan menjaga kebersihan pantai, menjaga terumbu karang dan biota laut lainnya agar tidak rusak. Jika kita melakukan snorking disana baiknya untuk tidak menginjak terumbu karang, mengambil dan membawa biota laut yang ada disana.



29 komentar:

  1. gak kepikiran kalau bentuknya mirip kura-kura kak nobi..
    hehe..kapan kesini lagi..siap saya antar :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap kak.. disponsori timturing kan heheh :D

      Hapus
    2. wasem disponsori catatansinobi dong yaaa..yg baru launching websitenya :D

      Hapus
  2. waawww keren mas pantainya. Itu sayang lokasinya jauh dari jogja ya, jadi harus benar-benar kesana untuk menikmati :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, lokasi 2 jam dr kota Jogja mas.. Terbayar kok jauhnya perjalan sama keindahannya hehe

      Hapus
  3. Wah dekat pantai Jogan ya? Timang, Jogan, Siung, Pok Tunggal dll udah. Tapi pantai ini belum, Makasih infonya, siapa tahu ada waktu untuk main ke sana lagi :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuhuuu, sama-sama.
      ajak2 ya mas Rullah :D

      Hapus
  4. baru jelas kelihatan bentuk kura2. aksesnya menuju lokasi susah ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. akses mudah kok mas, cuma jalannya berbatu aja pas mau masuk pantainya :)

      Hapus
  5. pantai di Yogya itu aku baru datangin Indrayanti ama Sepanjang... tp tau sih di sana ada bnyk bgt pantai2 cakep ^o^.. Waktu aja nih yg ga sempet mulu kalo harus jelajahin semuanya :)..

    Pulkam ke Solo nanti, mw mampir ke Yogya lagi ah ngeliat pantai2 yg lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditunggu kisah serunya mba fanny :)

      Hapus
  6. ehm...baru mengingat jalan ...jadi ini satujalur sama pantai jogan ya mas ? tapi jalannya cabangnya dimana?? *mikir*

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuhuu,, skrang kayakny udah ada papan petunjuk jalannya miss ris :D

      Hapus
  7. Konservasi ya kak.. Ini sudah mulai ngehits kak.. Jangan sampai seperti Sempu kak.. :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa,, semoga alamnya terjaga,, terumbu karangnya ga rusak sama yang main air disana ya *berdoa

      Hapus
  8. Lebih baik naik mobil atw motor ya buat kondisi jalan? Mau main kesini nih rencana, dr luar daerah

    BalasHapus
    Balasan
    1. dua kendaraan itu bisa dibawa kesini, tinggal enak dan nyamanan mana bawanya :D

      Hapus
  9. Bus sedang bisa masuk gak ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masuk ke pantainya bisa cuman parkirnya yg ga bisa,,mungkin nnti parkir dipinggir jalan aspal,,dr jalan aspal masuk gang pantai ini jalan kaki cuma 10-15 menit aja kok :)

      Hapus
  10. kalo dari cirebon enaknya naik apa yaa...bus,travel,kereta yg kira" aksesnya mudah....terus lokasi hotelnya jauh gak dari pantai...

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari cirebon tinggal baik kereta bisa, bis/travel bisa,,nyaman sih kereta.
      dari hotel sekitar malioboro tinggal sewa kendaraan,, lama perjalanannya dua jam perjalanan

      Hapus
  11. kalau mau snorkeling disana ada tempat persewaan snorkeling nya gak yaa mba di pantai nglambor nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada mas..langsung di pantainya ada hehe :)

      Hapus
  12. Foto2nya bagus sekali Mas Alan, untuk foto pertama posisi dua kura berhadapan diambil dari manakah? masih di perjalanan ya kalau dari parkiran ojek motor di puncak bukit posisi dua kura tidak terlalu nampak. Postingan ini jadi salah satu panduan saat kami berkunjung.
    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. di atas bukit kanan, kalau kita ngadep ke laut mas hehe

      Hapus
  13. Mau tanya, untuk mobil bisa masuk kesana gak ya.. serta kalo bawa balita aman gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa msuk kok mobil..cuman jalan agak sempit :)

      Hapus
  14. ini pas masih sepi banget ya. belum seramai sekarang. Menurutmu, Nglambor yg digunakan snorkeling sekarang gimana mas?

    BalasHapus