Senja Indah Embung Nglanggeran

, , 12 comments
Embung Nglanggeran
Tak lengkap rasanya tidak melihat senja di daerah tujuan travelling. Dapat melihat senja yang indah  memang tergantung nasib dan keberuntungan juga lokasi. Jika kalian mengunjungi jogja kalian bisa melihat senja di salah satu tempat menikmati favorit saya, yaitu di Embung Nglanggeran yang letaknya di Padukuhan Nglanggeran Wetan, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta atau lebih tepatnya di kawasan Geopark Gunung Merapi Purba Nglanggeran. Menjadi favorit karena pemandangan sekeliling embung yang juga sangat memanjakan mata karena letak embung berada di atas sebuah bukit di gunung Nglanggeran Embung yang berarti kolam kecil yang dibuat oleh manusia dengan tujuan tertentu. Rencananya pembuatan embung di atas bukit gunung Nglanggeran ini sebagai sumber air untuk mengaliri kebun buah yang akan dibuat di daerah bawah embung tersebut.

Menuju kesana
kondisi disekitar parkiran embung Nglanggeran
Untuk mencapai kesana cukup mudah, dari jogja akan menempuh waktu perjalanan selama satu setengah jam dengan motor.  Dari kota jogja melewati jalan raya wonosari menaiki bukit melewati bukit bintang dan akhirnya sampai di perempatan patuk, dari perempatan patuk bisa ambil kiri ke arah daerah Ngoro-oro. Ikuti jalan tersebut melewati daerah Ngoro-oro akan ada banyak tower stasiun TV, setelah itu belok kanan dipertigaan UPT Puskesmas Patuk, ikuti jalan tersebut akan sampai di daerah wisata Gunung Nglanggeran. untuk sampai ke Embung Nglanggeran ikutin papan petunjuk menuju Kebun Buah Nglanggeran yang ada. Bertanyalah pada warga setempat jika ragu dengan jalan yang anda tempuh. Jalan alternatif kedua dari perempatan patuk masih lurus terus sampai menemukan pertigaan jembatan gembyong (jembatan setelah daerah patuk) ambil kiri lalu ikuti jalan tersebut akan ada papan petunjuk jalan menuju gunung Nglanggeran. Untuk dapat menikmati keindahan pemandangan alam di embung Nglanggeran pengunjung ditarik biasa tiket masuk sebesar Rp. 8000.

Pemandangan dan senja yang indah
Sore hari merupakan waktu yang tepat untuk berkunjung ke embung nglanggeran ini. Karena cuacanya yang sejuk tidak panas seperti siang hari, kita bisa melihat pemandangan perbukitan karst gunung sewu sekitar embung nglanggeran yang indah. Hal yang ditunggu-tunggu oleh pengunjung saat sore hari adalah pemandangan senjanya. Embung mendadak menjadi berbeda, warna langit senja yang terpantul di permukaan air embung nglanggeran berubah warna, yang hiasanya berwarna seperti putih kental, menjadi kuning kemerahan atau tergantung warna langit saat itu. Saat moment ini banyak pengunjung yang mulai berfoto-foto mengabadikan moment senja. Cobalah naiki bukit di sekitar embung kita bisa melihat senja lebih jelas, bisa melihat pemandangan senja embung nglanggeran dari atas.

Selain akses jalan yang sudah terbilang lumayan, embung Nglanggeran ini juga terdapat lokasi parkir mobil dan motor yang terbilang luas. Ada rumah makan untuk pengunjung yang mulai lapar, ada kamar mandi dan tempat ibadah. Terdapat pula gazebo di bukit atas embung Nglanggeran untuk menikmati embung dari atas. Berikut foto senja yang berhasil saya abadikan, selamat menikmati hehe :)




pemandangan Pegunungan Sewu, Gunungkidul sore hari

Berangkatlah dari kota jogja jam 3 sore, jangan lupa ajak teman-temanmu, karena nanti tanpa ada temanmu rasa senja kurang begitu sempurna dan tentunya tidak ada yang bisa bantuin kita mengambil foto narsis :D

12 komentar:

  1. mantap mas Alan ^-^ ajak pacar boleh?? hahah mana pacar mana pacar mana istri wkwkwk, nasib jomblo

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaa kan masih ada pacar orang #ehh :p

      Hapus
  2. duh mas alan foto2nya bikin aku kepengen kesana, fotonyaa awesome sangat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi, kalau lagi pulang, silakan di coba mas :D

      Hapus
  3. wogh. dewo. pernah camping disana lan?

    BalasHapus
  4. waah, kereeen :D hasil fotonya juga bagus... Ajarin dong mas nobi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih :)
      kapan2 bisa kok hunting bareng :D

      Hapus
  5. wah kereen ,, terimakasih sharing pengalamannya yaa ,, rasanya juga ingin sekali ikutan ,.,,hahaha ajak ajak dong ..

    BalasHapus