Memancing Senja di Dermaga Pantai Batu Balai, Tanggamus, Lampung

, , 9 comments
berpose di hadapan senja dan gunung Tanggamus
Masih ingat postingan lalu, soal pantai Piabung Karang yang lokasinya di pesisir desa Sukabanjar, kabupaten Tanggamus, Lampung. Kali ini saya melanjutkan menyelusuri pesisir jalan pantai tersebut kearah timur. Jika dilihat jauh ke arah timur dari pantai Piabung Karang, terdapat sebuah dermaga kecil yang sepertinya menarik untuk dikunjungi. Sampai akhirnya setelah mengunjunginya saya mengetahui nama lokasi tersebut adalah Pantai Batu Balai.

dermaga pantai batu balai
Penamaan pantai Batu Balai kemungkinan karena letaknya berada di wilayah pekon Batu Balai, Kecamatan Kotaagung Timur, Kabupaten Tanggamus, Lampung.  Secara sekilas pantai ini sama seperti pantai Piabung Karang dan Pantai Terbaya yang ditumbuhi oleh pohon kelapa, namun bedanya di pantai ini terdapat dermaga yang menjadi tempat favorit memancing para penduduk sekitar, bahkan dari luar kecamatan berdatangan untuk memancing di dermaga Batu Balai.

Rute menujunya :
kondisi jalan
Waktu itu hari Jum’at, tanpa direncanakan teman seperjuangan mempunyai ide untuk memancing di dermaga Batu Balai. Sepulang kerja, langsung saja kami berangkat menuju dermaga Batu Balai. Rutenya sama seperti menuju pantai Piabung Karang. Jika dari Bandar Lampung, tinggal menuju arah Kotaagung, melewati Pesawaran, Pringsewu, Talang Padang, Gisting lalu air terjun Way Lalaan dan akhirnya sampai di pertigaan kantor kecamatan Kotaagung Timur. Ambil kiri ke arah kantor kecamatan dan ikuti jalan sampai pertigaan mentok ambil kiri, ikuti jalan pesisir pantai nanti akan sampai di Dermaga Pantai Batu Balai. Jalan menuju dermaga ini dari pesisir pantai pekon sukabanjar rusak, dan terdapat jalan yang berbatasan langsung dengan tebing laut. Ada baiknya pengendara harap berhati-hati.

Keindahannya :
padang rumput pinggir dermaga

Sesampainya di dermaga Batu Balai, kita akan terkagum-kagum melihat indahnya pemandangan disini. sebelum masuk dermaganya saja sudah di sambut dengan rumput-rumput yang bergoyang alias padang rumput dan ada beberapa pohon yang tumbuh menambah kesan indah pemandangan. Pantai di dekat dermaga ini tidak cocok untuk berenang, mengingat ombaknya yang lumayan besar menerjang pemecah ombak di sekitar pantai. Melangkahlah ke atas dermaga, terasa sekali terombang ambing diatas laut seperti menaiki sebuah kapal. Sisi dermaga sudah banyak para pemancing yang menunggu umpannya disantap ikan. Beberapa ada yang sibuk mulai memasang umpan. Dari Dermaga jika melihat arah barat akan terlihat pegunungan Taman Nasional Bukit Barisan, jika melihat arah selatan akan terlihat pulau Tabuan yang letaknya di tengah laut. Jika melihat ke arah utara akan terlihat gunung Tanggamus yang menjulang tinggi dengan gagah.
pulau tabuan

Keindahan dan asiknya memancing di dermaga Batu Balai seperti menghipnotis kami melupakan waktu. Belum ada satupun ikan yang saya dapat, sekalinya dapat itu hanya ikan yang kecil. Perlahan matahari mulai tenggelam. Jika yang dari tadi konsen untuk mendapatkan ikan, saya pun pindah haluan memancing senja, senja indah di dermaga Batu Balai. Disini kita tak bisa berharap melihat matahari terbenam di atas laut, karena posisi ufuk barat terhalang oleh pegunungan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

memancing senja :D



Pantai yang indah, namun sayangnya  banyak isu terkait soal keamanan di sekitar pantai ini. Beberapa isu yang saya dengar akan adanya pungli yang bersifat memalak, bahkan pernah ada tindak kejahatan disini. Jika ingin kesini lebih baik menggunakan mobil atau datang konvoi bersama teman-teman. Saya berharap pemerintah khususnya Kabupaten Tanggamus lebih meningkatkan keamanan di sekitar daerah pantai ini, sehingga pantai tersebut aman dan banyak dikunjungi wisatawan. Jika pantai ini dikembangkan dan menjadi daerah tempat liburan akan bisa meningkatkan kesejahteraan terutama masyarakat sekitar pantai ini.

9 komentar:

  1. wah pantai yang sejuk nan indah sepertinya mas mancing and sunsetnya meresap sampe jogja nih :)

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. kabar-kabar y, siapa tau bisa ikut :D

      Hapus
  3. saya mau ikutaaaan .. tapi fotonya itu kurang gede yaa jadinya kurang jelas kalau sambil baca liat gambar gituu masukan aja .. semoga semakin sukses

    BalasHapus
  4. Suasana pantai yang menawan...kalau ke Lampung boleh ni dianter kesini mas... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hiks udah ga di lampung lagi mas,, tp klo mau ngajak saya ke lampung lagi,, siap antar kok :D

      Hapus
  5. Jadi keingat kalau dirumah, selalu mancing dibelakang rumah :-D

    BalasHapus
  6. Postingan yang mantap, dulu saya penah ksna juga mannpcing tp g dapt... Jln rusak, jauh, wah pokok a srem kalo pas di jalan tp klo sudh sampai di lokasi dermaga mantabbb masss brrooo

    BalasHapus