Sepi Yang Indah Di Pantai Piabung Karang, Tanggamus, Lampung

, , 10 comments

Pantai Piabung Karang, warga sekitar menyebutnya demikian. Pantai yang sepi hampir tidak ada pengunjung sama sekali. Namun begitu bukan berarti pantai indah, hanya saja kemungkinan banyak yang memilih pantai lain yang lebih favorit atau lebih dekat dengan rumah.

Pantai Piabung Karang terletak di Pekon(Desa) Sukabanjar, Kotaagung Timur, Tanggamus, Lampung.  Rute menuju ke pantai tersebut cukup mudah. Dari Bandar Lampung bisa menempuh arah ke jalur lintas barat Sumatera, melewati daerah Kemiling-Pesawaran-Gading-Pringsewu-Talang Padang-Gisting- Air Terjun Way Lalaan. Sekitar 15 menit setelah melewati objek wisata air terjun Way Lalaan, kiri jalan akan terlihat jalan masuk ke kantor kecamatan Kotaagung Timur disebelah kiri jalan (jika dari arah Bandar Lampung). Ambil jalan masuk tersebut lalu ikutin jalan tersebut sampai mentok pertigaan, lalu ambil kanan. Ikuti jalan aspal tersebut dan anda akan sampai di kawasan pesisir pantai Piabung Karang.


Pohon kelapa nyiur melambai di sepanjang pesisir pantai ini seakan menyambut kedatangan kami. Sepi, hanya terlihat anak-anak setempat yang sedang bermain dan bernyanyi lagu “Kereta Malam” yang beken itu. Mungkin gara-gara tampang kayak penjahat, anak-anak tersebut malah bubar berlarian sesaat melihat saya menghampiri mereka (TT_TT).  Terlihat juga satu keluarga sedang mencari suket (sejenis rumput) saat laut dalam keadaan surut. Seperti namanya, pantai ini mempunyai karang yang indah, jika dibandingkan dengan pantai-pantai di jogja yang pernah saya kunjungi, karang disini malah berwarna agak kemerahan.  Hamparan karang yang cukup indah, membayangkan bagaimana jadinya jika diabadikan saat senja atau matahari terbit. selain itu pantai ini juga terdapat batu-batu vulkanik, mungkin dulunya bekas material vulkanik dari letusan gunung berapi sekitar.


Menurut penuturan warga setempat, pesisir pantai ini biasanya ramai saat libur lebaran, libur sekolah dan libur tahun baru. Libur di hari biasa sangat sepi seperti keadaan saat saya kunjungi. Mungkin karena hal tersebut, masuk ke kawasan pantai ini tidak dipungut biaya alias gratis :D.




nb. Jika lanjut menyusuri jalur pesisir pantai ini, kita bisa sampai ke objek wisata pantai yang terkenal, yaitu pantai batu balai atau lebih dikenal dermaga batu balai.


10 komentar:

  1. Wah ini dia laporan perjalanan kemarin ya lan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hooh tapi yg sebelumnya ci, minggu kedua pas di lampung hehe

      Hapus
  2. melihat jenis batu-batuan yang tersebar di tepi pantai
    kayaknya cocok buat berburu foto sunset
    sudah dapet fotonya kak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe belum kak, ora ono konco kesini :3

      Hapus
  3. Sangat suka pantai2 di lampung, apalagi lampung selatan
    itu berasa pantai pribadi, sepi banget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. :D sama, tapi klo ada tiket bayar masuknya rada mahal ya :D

      Hapus
  4. senang banget baca tulisan ttg pantai karang piabung ini :)
    kebetulan saya asli orang kabupaten Tanggamus tapi baru sekali saya mengunjungi pantai ini hehe
    pantai yg indah syarat dg sepi dan damai salah satu tipe pantai favorit saya..
    salam kenal mas alan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali mas kulman :D
      moga pantai2 Tanggamus bisa ramai kayak pantai di pesawaran y :)

      Hapus
  5. pantainya kereeeen, tapi boleh juga dilihat yang ini gan
    destinasi pantai wisata belitung

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap mas, hihi
      mesti belitung itu pantainya menggoda iman :)

      Hapus