Pantai Terbaya, Pantai Indah di Tepi Teluk Semaka

, , 5 comments

Kotaagung, Kota kecil yang letaknya di Kabupaten Tanggamus, Lampung berada di jalur utama lintas barat Sumatera. Karena letaknya di kaki Gunung Tanggamus dan di sebelah utara Teluk Semaka tidak dapat dipungkiri daerah ini mempunyai pemandangan yang membuat kita terkagum-kagum. Air terjun, sungai, pantai, gunung dan lainnya tersedia disini. Salah satu yang saya kunjungi pertama kali adalah pantai Terbaya, pantai yang paling terkenal di Kotaagung.

Rute untuk sampai disini cukup mudah, kita bisa menaiki kendaraan pribadi dengan menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari Bandar Lampung. Kita bisa juga menggunakan bis dari terminal Rajabasa, simpang jalan pramuka atau dari terminal Kemiling dengan lama perjalanan kira-kira 3 jam dengan tarif tiket bis sebesar 20 ribu (tarif bisa berubah sewaktu-waktu). Tikungan terakhir sebelum memasuki Kotaagung kita akan melihat spanduk bertuliskan Objek Wisata Pantai Terbaya.

Pantai Terbaya letaknya di tepi Teluk Semaka ini mempunyai pemandangan yang indah. Barisan pohon kelapa sepanjang pantai, pasir berwarna coklat bercampur dengan batu kali ( batu vulkanik) yang kemungkinan berasal dari letusan gunung berapi di masa lalu. Beberapa titik mempunyai batu karang yang seringkali dijadikan tempat bermain dan foto-foto. Sejauh mata memandang tidak hanya laut biru saja. Kapal nelayan dan kapal tangker yang berada di Teluk Semaka seakan menjadi penghias pemandangan lautnya. Jika membandang arah barat terlihat pegunungan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, jika cuaca cerah akan terlihat Gunung yang terletak ditengah-tengah Teluk, Pulau Tabuan namanya.

Jika saya amati, pantai ini punya ombak yang cukup tenang. Para pengunjung bisa bermain-main air di tepi pantai. Terdapat persewaan pelampung bagi wisatawan yang belum bisa berenang ataupun yang ingin berenang pakai pelampung. Di tepi pantai terdapat muara sungai yang bisa digunakan untuk cuci bilas. Dengan adanya keteduhan dari pohon kelapa, pengunjung bisa bersantai-santai di bawah pohon kelapa sambil menikmati bekal yang dibawa ataupun menyeruput buah kelapa segar yang bisa dibeli di sekitar pantai.

Pantai Terbaya ini masih dikelola masyarakat setempat dengan memperhatikan dan menjaga nilai kealamian dan keaslian pantai ini. Sayangnya sebagian pengunjung kurang sadar dengan kebersihan pantai, sehingga di beberapa bagian terdapat sampah dari bekal yang mereka bawa dibuang sembarangan. Mungkin di lain pihak, pengelola juga bisa menyediakan tempat sampah atau lubang pembuangan sampah di beberapa titik agar pengungjung bisa membuang sampahnya disana.



Cukup dengan merogoh isi dompet sebesar 5 ribu rupiah, kita bisa menikmati keindahan Pantai Terbaya. Semoga anda tertarik mengunjungi pantai indah di tepi teluk Semaka ini :)

5 komentar:

  1. Mas sy orang tanggamus, udah sering kesini tapi masnya duluan malah yang bikin reportasenya..
    keren mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. :D thx mas. sekali2 klo di lampung bisa trip brg kita :D

      Hapus
    2. boleh banget mas.. next trip sy pengen ke pahawang sama pulau loh-lunik.. masnya bisa search :D

      Hapus