Pantai Sinden dan Pulau Kalong yang Tersembunyi

, , 12 comments


Tempat menarik di Gunungkidul tidak ada habisnya. Desember lalu, saya kembali mengunjungi pantai Greweng dan pantai Sedahan  yang letaknya di sebelah timur pantai Wediombo. Selain mengunjungi kembali pantai-pantai tersebut, kami mengunjungi satu lokasi menarik yang tersembunyi letaknya antara pantai Greweng dan Sedahan yaitu Pulau Kalong dan Pantai Sinden. Mengunjungi pantai ini jangan berpikir kalau disini terdapat
gantolenya (foto:denan)
pantai pasir putih untuk bermain-main, karena Pantai Sinden itu sendiri merupakan Pantai Tebing yang berbatasan langsung dengan Laut Samudra Indonesia . Di pantai Sinden terdapat satu pulau kecil bernama Pulau Kalong. Pulau Kalong  berbentuk memanjang dari utara ke selatan terpisah oleh laut dari daratan sekitar 30 meter. Pulau Kalong ini juga tidak ada terdapat pasir pantai. Hanya ditumbuhi semak belukar saja. Sesuai namanya, pulau ini menjadi tempat tinggal para Kalong (Kelelawar).Sama seperti pantai Timang, pantai ini terdapat Gantole yang dipakai untuk menyebrang ke pulau tersebut. Gantolenya pun juga sama, dibuat sangat sederhana, hanya dari kayu sebagai gantole dan tiang penyangganya serta tali tambang sebagai lintasannya. Biasanya warga setempat menyebrang ke pulau ini untuk mencari Lobster atau Memancing. Adanya akses ke menyebrang ke pulau tersebut menjadikan pulau tersebut sebagai salah satu spot favorit untuk memancing. Menurut info yang saya dengar, untuk pergi menyebrang ke pulau tersebut perlu ijin dari kelompok yang membangun Gantole.

Untuk mengunjungi pantai ini perlu tenaga ekstra, karena kita harus berjalan kaki melewati  bukit-bukit pengunungan karst. Dari Jogja kita bisa menempuh rute menuju pantai Wediombo, kita bisa memilih untuk parkir kendaraan di pantai Wediombo atau di Pantai Jungwok. Kami milih parkir di P.Jungwok supaya bisa mempersingkat jalan.  Dari lokasi parkir kami berjalan kaki melewati ladang warga, semak belukar dan naik-turun bukit dan membawa kami menuju pantai Greweng. Dari pantai Greweng kita tinggal mencari jalan setapak naik ke bukit sebelah timur.  Jalan setapak tersebut akan membawa kita menuju pantai Sinden dan Pulau Kalong. Setelah menikmati lokasi ini, kita bisa kembali ke Pantai Greweng atau menuju Pantai Sedahan untuk bersantai dan menikmati pantai berpasir.
naik bukit timur pantai Greweng
susur jalan setapaknya
Perlu diperhatikan, dalam perjalanan menuju kesini, jangan malu bertanya kepada warga sekitar, karena tidak ada petunjuk jalannya. Saat mengunjungi pantai Sinden dan Pulau Kalong, harap berhati-hati, jangan mendekati tepi laut karena kadang angin bertiup kencang yang bisa menggangu keseimbangan kita berdiri. Yang jelas bawa perbekalan cukup terutama air karena di lokasi tidak ada yang menjual makanan dan minuman.

12 komentar:

  1. wahh keren mas.. saya aja di jogja belum pernah sampe sana :| kapan2 tak aja mas anno utk jadi guide :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini surveinya sama saya mas hehe

      Hapus
    2. hooh, klo mau kesini minta anter mas anno aja mas :D

      Hapus
  2. cakep ya ! Yogya ini memang BEDA !

    BalasHapus
  3. wah.. next destination nih boleh juga..

    BalasHapus
  4. belum update pantai yang ini :(

    BalasHapus
  5. wah mas nobi mantap nih ada gantolenya juga kayak di timang ya kereeennnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. hooh, mau coba nyebrang ke pulau kalong po :D

      Hapus
  6. OOO ini di jogja to? keren abis

    BalasHapus