Es Selendang Mayang, Kuliner Khas Jakarta Yang Kian Langka

, , 10 comments

Tak seindah namanya, begitulah nasib jajanan tradisional Es Selendang Mayang. Banyak yang tidak tau atau mungkin telah lupa jajan khas daerah Jakarta/ Betawi yang satu ini. Susah menemukan penjual es Selendang Mayang di era sekarang ini, membuat banyak orang tidak mengenalnya bahkan saya sendiri  hampir lupa akan keberadaan kuliner tersebut.

Es Selendang Mayang dihidangkan di atas mangkuk kecil, bisa dibilang ukurannya sama dengan mangkuk Soto Kudus. Isinya berupa seperti sebuah adonan kenyal lebih kenyal dari cendol, namun mempunyai 3 lapis warna. Jika diurutkan dari atas warnanya merah-putih dan hijau. Adonan dengan 3 lapis warna itulah yang disebut Selendang Mayang. Saya pikir, nama Es Selendang Mayang berasal dari pencipta kulinernya, si Mayang dan dia berjualana Esnya tersebut digendong menggunakan selendang tapi ternyata salah banget. Penamaan Selendang Mayang karena orang dulu sering menyebutkan warna cerah yang ada di atas dengan sebutan Selendang sedangkan warna putih di bawahnya disebut Mayang. Kuliner khas Jakarta yang mempunyai nama lain Es Cendol Parek ini dipercaya orang dulu bisa menghilangkan panas dalam.

Bang Ade, salah satu penjual es Selendang Mayang
Tak Sengaja saya melihat penjual es Selendang Mayang di sela gang kecil. Memikul gerobak pikulnya, membunyikan mangkuk kecil dengan berirama sembari menengok kesana kemari seakan mencari orang yang ingin membeli dagangannya, Es Selendang Mayang. Saya pun menghentikan langkahnya ingin melepas dahaga di panasnya Jakarta kala ini sekaligus mendokumentasikan Kuliner langka ini. Sambil menyantap Es Selendang Mayang, terjadilah obrolan-obrolan ringan di antara kami . Belakangan saya tau namanya bang Ade, dia telah menekuni profesinya sebagai penjual Es Selendang Mayang  selama 10 tahun, dan berjualan di sekitar daerah Cipayung. Menurut dia berjualan es ini jaman dahulu berbeda dengan sekarang. Dulu banyak tanah lapang, lapangan bola, dimana di tempat tersebut banyak masyarakat berkumpul baik anak-anak maupun yang sudah dewasa sekalipun. Ada yang bermain, atau sekedar bersantai dan bang Ade biasanya mangkal disana. Kehadiran es selendang mayang pasti menarik perhatian mereka untuk melepas dahaga sesaat khususnya anak-anak yang kecapaian setelah bermain. Namun beberapa tahun kedepan, tanah lapang mulai berganti perumahan, banyak bermunculan kuliner minuman dingin modern yang mengalahkan popularitas si Es Selendang Mayang. Belum lagi makin berkurangnya penjual Es Selendang Mayang membuat kuliner khas betawi jadi makin sudah ditemukan dan hampir terlupakan.

Es Selendang Mayang di Kawasan Kota Tua
Belakangan ini, di Kawasan Kota Tua mudah ditemukan Es Selendang Mayang. Biasanya penjual Es Selendang Mayang mudah dijumpai sekitar Museum Fatahillah pada hari Sabtu-Minggu atau hari Libur. Jika anda ingin mencoba kenikmatan es Selendang Mayang ini, cobalah datang ke Kawasan Kota Tua Jakarta pada hari-hari tersebut.
Museum Fatahillah

Semoga dengan adanya tulisan sederhana ini, kuliner Es Selendang Mayang ini tidak punah dan makin dikenal masyarakat luas J

10 komentar:

  1. aku salah satu penggemar jajanan langka ini, dan sekarang susah banget dapetinnya.. masa iya cuma buat makan selendang mayang harus ke kota tua dulu? -_-"

    tapi aku suka artikel ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. :) thx ya,,, katanya di foodcourt beberapa mall juga aja, tp saya g begitu tau mall mana hehe?

      Hapus
  2. di rumah saya masih ada, biasa menyebut es ongol-ongol hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh dapet nama beda lagi, catet ahhh :)

      Hapus
  3. Wuih kayaknya seger tuh lan kalo lagi panas-panasnya :9

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi klo ditraktir..makin seger :D

      Hapus
  4. Aq baru tau kalo ada es selendang mayang dan kebtulan nama aq sama dgn penamaannya, sayang sekali jika kuliner khas indonesia ini hrus langka demikian rupa, mdh2n kuliner ini bsa dikenal lgi sm masyarakat indonesia..

    BalasHapus
  5. Saya tertarik dengan tulisan anda es selendang mayang. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    BalasHapus
  6. Thanks infonya.. Desember 2014 kemarin pas iseng lewat kota tua... lihat abang es selendang mayang mau manggil tapi susah parkir ga jadi... mangkalnya di museum ya.. Thanks se x lg... :-)

    BalasHapus