Kunjungan singkat ke Mesjid Terapung, Makassar

, , 7 comments

Menjelang sore, saya sudah duduk tenang di samping supir pete-pete (angkutan umum di kota Makassar) menuju kawasan Pantai Losari. Mengunjungi kawasan ini terdapat masjid yang unik, uniknya karena berada diatas laut. Mesjid ini harus kalian kunjungi saat kita berada di kota Makassar. Masjid Terapung Amirul Mukminin namanya. Mesjid yang menjadi salah satu tempat yang wajib kita kunjungi saat berada di Makassar khususnya jika sedang mengunjungi pantai Losari. Letaknya tidak jauh dari tulisan pantai Losari, hanya berjarak sekitar 200 meter ke arah selatan. Mencapainya dari pusat kota pun cukup mudah karena banyak kendaraan umum yang menuju kawasan ini.

Mesjid ini dibangun terapung di atas teluk Makassar disangga dengan tiang-tiang yang berjumlah 99. Angka 99 ini konon merupakan lambang dari Asmaul Husna (99 Sifat Allah). Mesjid ini juga mempunyai desain arsitektur yang menawan, dengan warna dominan putih, abu-abu serta warna biru untuk bagian kubahnya dan terdapat dua buah menara yang berdiri tegak di sisi-sisi masjid ini. tak kalah dengan luarnya, arsitektur bagian dalamnya juga mempesona.

Mesjid ini terbuka untuk siapa saja baik yang ingin beribadah maupun yang sekedar ingin melihat-lihat. Kita hanya menjaga ketenangan dan kesopanan karena merupakan kawasan tempat ibadah. Mesjid ini ramai mulai sore hari, orang-orang mulai berdatangan untuk menikmati senja di sekitar masjid dan kawasan pantai losari. Banyak yang bilang, masjid ini adalah masjid yang romantis. Ketika senja mulai tenggelam warna masjid ini seolah-olah berubah memancarkan keindahannya yang tak kalah dengan indahnya senja.
di halaman mesjid
suasana saat malam

Sayangnya saya tidak sempat mengabadikan senja di sekitar masjid ini, karena terlalu menikmati senja di lokasi sebelah, Pantai Losari. Moga ada kesempatan lagi buat mengabadikan foto masjid ini saat senja.. Amin :D

7 komentar:

  1. Arsitekturnya lebih modern. Beda sama mesjid pada umumnya yang sering saya lihat. :)

    BalasHapus
  2. Wah, menarik tempatnya :) makasih oleh2 Makasarnya :)

    BalasHapus
  3. oh itu masjid toh? Saya ke sana pas sedang dibangun. Saya kira semacam mercusuar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jadi mesjid terapung :D, padahal pengen juga sih ada mercusuar kayak di luar negeri gitu

      Hapus
  4. Bolak balik ke makassar blm perna nyamperin nich mesjid, liat depan nya rame nya banget dan rada kotor losari nya jadi males :-)

    BalasHapus
  5. Alannnnn.. jalan-jalannn terusssss :D
    keren Lan.. hohoho..

    BalasHapus