Air Terjun Dholo dan Anak Tangga Pemupus Semangat

, , 6 comments

Setelah mengunjungi air terjun Irenggolo di Lereng Pegunungan Wilis, kita bisa melanjutkan perjalanan menuju Air Terjun Dholo (Dolo) yang letaknya sekitar 4 km dari Irenggolo. Secara Administrasi, sir terjun Dholo ini letaknya masih sama dengan Irenggolo yaitu di  di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Namun bedanya, air terjun Dholo berada di sekitar hutan alam pegunungan Wilis yang jauh dari pemukiman.

kondisi jalannya
pemandangan dari atas jembatan
Keluar dari objek wisata Irenggolo, kita tinggal mengambil jalan ke kiri dan mengikuti jalan tersebut. Di perjalanan kita akan melewati suasana hutan alam yang cukup memanjakan mata, jika kondisi tidak berkabut, kita bisa melihat suasana kota yang ada di kaki pegunungan Wilis. Kondisi jalan hingga sampai di kawasan wisata air terjun Dholo sudah baik, jalannya beraspal, cukup luas dan di beberapa titik di sisi jalan terdapat tebing yang sepertinya rawan longsor. Setelah jauh berjalan kita akan melewati jembatan yang menghubungkan sisi bukit yang satu dengan yang lain. Dilokasi ini menurut saya merupakan pemandangan terbaik sepanjang jalan, karena disini kita bisa melihat pemandangan liak-liuk bukit gunung Wilis. Kita bisa berhenti  sejenak, bahkan bisa menyeruput teh, susu atau kopi panas di beranda warung yang ada disekitar lokasi ini. setelah melewati jembatan tersebut tidak lama laki kita akan sampai di lokasi parkir wisata air terjun Dholo.

Penuh Perjuangan
Tidak kami sangka ternyata untuk menuju air terjun Dholo, kita masih harus berjalan menuruni anak tangga yang tidak biasa, kami menyebutnya anak tangga Pemupus Semangat, bagaimana tidak kita harus melewati 995 anak tangga. Tiap orang pasti berpikir, bagaimana nanti saat kembali ke atas. Kami yang tidak tahu apa-apa langsung turun dengan semangatnya karena menyangka anak tangganya cuma sedikit, namun dugaan kami salah. Dua orang teman saya akhirnya mundur, dan memutuskan untuk kembali ke atas. Kesalahan kami yang kedua, kami tidak bawah apa-apa saat menuju kesana. Biasanya ada yang jualan di sekitar lokasi air terjun, namun karena tiba di air terjun saat sore hari dan bukan hari libur, penjual makanannya sudah tutup/ tidak berjualan dan akhirnya kami memutuskan untuk minum dari air dari air terjun tersebut hehe.
anak tangga pemupus semangat
Namun dari perjalanan turun melewati anak tangga pemupus semangat, kami menikmatinya. Suasana hutan alam yang nyaman, suara kicauan burung, suara serangga yang bersahut-sahutan, hawa yang sejuk membantu melupakan si “anak tangga pemupus semangat”


Akhirnya Sampai


Air Terjun Dholo ternyata terbagi menjadi 3 bagian dan yang paling atas merupakan yang paling tinggi mempunyai ketinggian 125 meter sedangkan yang lainnya memiliki ketinggian sekitar 2-5 meter . Airnya mengalir sepanjang tahun,debit airnya tidak deras sehingga cocok untuk  bermain air.  Aliram airnya mengalir mengalir menuju sebuah sungai yang jernih. Setelah menikmati itu semua kami memutuskan untuk kembali ke atas dengan SEMANGAT yang masih ada, melewati anak tangga pemupus semangat (9^_^)9

6 komentar:

  1. Pemupus semangat...hahaha...keren mas perjalanannya...tapi setimpal dengan hasil yang didapat...salut...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhahaha bener2 bikin pupus semangat loh tangganya >_<

      Hapus
  2. josh dah berkesan mas mantep tenan kapan bisa nyampe wilis saya haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hoho tinggal mangkat aja mas, nyuri2 waktu :)

      Hapus
  3. saya prnh ksna skli, gk nyangka dgn kondisi bdan saya yg gemuk bisa naik turun ratusan ank tangga, kpn2 pngen ksna lagi😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihih klo g maksain naik kita g bisa pulang bang :D

      Hapus