Jumat, 06 Desember 2013

Pantai Dadapan, Pantai Tapal Batas Timur Jogja-Jateng


Pantai Dadapan, warga sekitar menyebutnya demikian. Pantai yang terletak diujung paling barat Wonogiri, merupakan pantai tapal batas antara daerah Wonogiri dengan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

denah dr kelurahan :D
Perjalanan kali ini, saya bersama teman2 menjelajah ke pesisir selatan gunungkidul paling timur, dengan tujuan menyelusuri dan mendata pantai yang ada di jogja terutama pantai- pantai tersembunyi yang ada di kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Patokan perjalanan kami adalah pantai sembukan yang letaknya sepertinya berdekatan dengan batas wilayah DIY jika di lihat dari peta online. Peta online tersebut terdapat marking (tanda) pantai Sembukan yang berbatasan langsung dengan suatu pantai paling timur Jogja yang di marking (tanda) dengan nama pantai Mangetan. Namun setelah sampai di lapangan, nama pantai itu tidak dikenal warga. Warga malah menyarankan kami mengunjungi pantai yang ada di Wonogiri, seperti pantai Sembukan dan Nampu. Cukup membuat kami patah semangat, namun akhirnya kami menanyakan pantai yang terdapat pal batas tersebut ke kantor kelurahan, ternyata pantai tersebut adalah pantai Dadapan serta diberi denah sederhana menuju kesana oleh karyawan kelurahan.

perjalanan
Rutenya, kami berangkat dari jogja melewati ke arah timur melalui jalur utama kawasan pantai Gunungkidul menuju perbatasan yaitu kecamatan Paranggupito, Wonogiri. Setelah sampai kita tinggal menuju desa sawilan,yg dilewati jalan raya Sembukan. Di desa sawilan kami bertanya lagi, untuk sampai di pantai tapal batas kami menyelusuri jalan berbatu, lalu blusukan memasuki hutan dan ladang warga setempat. Jangan sungkat menanyakan jalan pada warga yang ada di ladang agar tidak tersesat. Kami sempat tersesat dan malah menemukan pantai wonogiri, yaitu pantai Nglojok dan Njujukan. Dari sisi bukit pantai Nglojok, terlihat pal batas DIY yang ada di atas sebuah batu karang di pinggir pantai. Dengan semangat tersisa kami berangkat kembali dr bukit pantai Nglojok melewati beberapa bukit. Akhirnya semangat kami membuahkan hasil.

Pantai dadapan, pantai dengan pasir putih dan terdapat batu2 karang di sisi sebelah kanannya. Letak pal batas Wonogiri,Jateng-DIY terdapat di sisi barat pantai ini, sehingga pantai ini termasuk pantai yang dimiliki oleh daerah Wonogiri sekaligus pantai paling barat kabupaten Wonogiri. Keadaan pantai ini sedikit kotor, namun juka dilihat sampah-sampah terbawa ombak dan terdampar disini. Saat kami berkunjung banyak kupu-kupu hijau dan kupu-kupu jenis lain, terbang riang kesana kemari dan hinggap di pantai ini. Penamaan pantai dadapan oleh warga sekitar mungkin dipantai tersebut terdapat pohon dadap. Jika dipikir-pikir adanya penamaan Pantai Mangetan di peta online mungkin dapat di artikan pantai paling Ngetan (Bahasa Jawa yang berarti “Timur”).
pal perbatasan
lost in paradise :D
Akhirnya kami menyelusuri pantai sendiri-sendiri, mencari sudut bidik foto masing-masing. Semoga pantai ini tetap lestari :)

Makasih Mas Edi, Aria, Anno, tanpa kalian mesti ga bisa sampai sini :D

5 komentar:

  1. terima kasih udah kesampaian kemari :D

    BalasHapus
  2. Indah banget ya...
    Jadi mau kesana u,U

    BalasHapus
  3. Posting yg bagus. Sayangnya banyak yg belum jelas (maaf).
    1. peta online di mana? alamat webnya apa?
    2. kantor kelurahan? kelurahan apa namanya? Songbanyu (GK)? atau songbledeg/paranggupito (wonogiri)?
    3. desa sawilan itu di mana? masuk GK atau wonogiri?
    maaf jika terlalu kritis, tapi ini semata saya ingin seperti mas Nobi dan tim yg sudah nyampe tempat ini. tapi ya itu tadi, penjelasan mas Nobi di sini belum jelas. Trims.

    BalasHapus
  4. Punya database nama-nama pantai disepanjang Pansela (Pantai Selatan Jawa) Gunung Kidul nggak?Klo ada boleh minta dong. Thx.

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search