Menjelajahi Pantai Krokoh, Gunungkidul

, , 18 comments


Masih dengan misi menjelajahi pantai-pantai Gunungkidul bersama mas edi, aria, dan anno. Kali ini kami mampir ke pantai Krokoh, salah satu pantai di ujung timur pantai Sadeng. Adanya keberadaan pantai ini membuat pernyataan kalau pantai Sadeng merupakan pantai paling timur di wilayah Gunungkidul, Jogja adalah salah. Pantai Krokoh ini juga tidak bias saya bilang pantai paling timur, sebab mungkin saja ada pantai lain di sebelah timurnya yang masih tersembunyi, hanya diketahui oleh warga-warga setempat.

pemandangan menuju krokoh
Pantai Krokoh ini letaknya di padukuhan Putat, Desa Songbanyu,Kecamatan Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta. Rute untuk ke pantai Krokoh, kita  harus sampai dulu di tepi pantai Sadeng. Berangkat dari Jogja menuju pantai Sadeng melewati Jalan Wonosari-Kota Wonosari-Semanu-Jepitu-Girisubo-Pantai Sadeng atau bisa melewati Jalan Wonosari-Kota Wonosari-Jalan Baron-Jalan Pesisir Pantai Selatan Gunungkidul kea rah timur (pantai Sadeng). Jika bingung dengan jalan yang ditempuh, jangan malu bertanya pada warga setempat. Warga setempat disana ramah-ramah kok ^_^. Nah jika sudah sampai pantai sadeng coba liat bukit sebelah timurnya, ada jalan menanjak yang lumayan tinggi, ikuti jalan tersebut  melewati perladangan warga setempat dan hutan rakyat, dan melewati Padukuhan Putat. Kendaraan yang kami bawa saya tinggal di pinggir jalan padukuhan,karena akses jalan yang agak berbahaya jika menggunakan kendaraan. Dari sini kami berjalan kaki sekitar 45 menit  melewati jalan berbatu untuk sampai di tepian pantai Krokoh.
gapura padukuhan putat
jalan kaki dari padukuhan putat, menuju pantai
Pantai pasir putih yang damai, pasir pantainya halus, di apit kedua buah tebing, tebing sebelah timur menjorok memanjang ke arah laut, sedangkan tebing barat menjulang agak tinggi. Saat surut kami lihat ada  jenis rumput laut / lumut berwarna coklat yang hidup di terumbu karang pantai ini. Di tebing bagian timur pantai terdapat sebuah lubang horizontal, yang didalamnya merupakan sarang-sarang “Kalong” (kelelawar) dan juga burung wallet. Saat kami sampai disana ada beberapa pemancing lobster dan gurita sedang mempersiapkan peralatan mancing mereka.
semacam rumput laut/ lumut coklat dan lubang tebing
Kami pun berpencar menjelajahi, mengambil gambar dan menikmati keindahan alam pantai ini. Semoga pantai ini tetap lestari dan terlindungi dari tangan-tangan yang jahil :)
foto keluarga dr kameranya kang edi

18 komentar:

  1. itu yang pertama pakai fish eye ya mas?

    BalasHapus
  2. foto panoramik mas Yudi, bbrapa foto jadi satu hehe..bentuk pantai agak melengkung gitu hehe

    BalasHapus
  3. Baiklah, setiap kemari nggak pernah nggak mupeng :(
    huaaaa ....

    BalasHapus
  4. bunga-bunga yang kamu potret di jalan menuju pantai itu sangat khas gunungkidul, meski aku tidak tahu bila di daerah lainpun banyak diketemukan, hehe. namanya bunga 'angleng' kalau kata orang gunungkidul :)

    BalasHapus
  5. mas @jawardi.. lumayan sering ditemuin juga di daerah atas kayak kaliurang, deles dll. tapi g sebanyak di Gunungkidul.. klo ak ngenal bunga ini tanaman "Tembelekan" berarti nama lokalnya Angleng ya #catet

    BalasHapus
  6. @chici.. ayo chi sekali2 piknik bareng :D

    BalasHapus
  7. Gunungkidul=surga wisata pantai, setiap pantainya pasti mempesona

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju :)
      pantainya mesti bagus2 hehe

      Hapus
  8. ga bosen berkunjung ke blog nya mas bro yang satu ini, apalagi liburan ini mau ngetrip ke jogja... liat blog ini dulu ntr sampai jogja tinggal eksekusi...mantab, maturnuwun mas bro :)

    BalasHapus
  9. KEREN BLOKNYA MAS, JADI PENASARAN, PINGIN MENJELAJAHI SEMUA YANG MAS TULIS, HEHEHEHE. REFERENSI YG T.O.P B.G.T MAS, THINGKYU ..........

    BalasHapus
  10. Mas itu pantainya bisa buat ngecamp ndak? + minibus bisa lewat jalurnya ga mas? Mohon infonya

    BalasHapus
  11. Mas mau tanya nih. Itu pantainya bisa buat ngecamp mas? Sama bis bisa lewat ndak mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bis g bisa masuk mas heheha jalan sempit, jalan berbatu..

      Hapus
    2. Aman gak mas parkir nya? Ada yang markir apa cuma di parkir sendiri aja?

      Hapus
    3. Aman mas parkirnya? Ada yg jaga apa tidak?

      Hapus
    4. parkir sendiri,,lebih baik titip di rumah warga,,sklian kenalan dan silaturahmi hehe

      Hapus