Bakmi Des Pundong, Mie Khas Bantul

, , 8 comments

Setelah puas menikmati suasana sore di pantai Parangtritis, saatnya memuaskan perut dari rasa lapar. Cobalah singgah di daerah Pundong, sekitar 15-20 menit dari Parangtritis. Pundong ini mempunyai kuliner yg khas yg tidak ada di daerah jogja lainnya. Bakmi Des Pundong namanya. "Des" berasal dari singkatan "pedes/pedas".

Berangkat dari Jogja maupun Parangtritis kita bisa melewati jalan parangtritis menuju pertigaan Pundong (pertigaan sempalan pundong) belok masuk ke pertigaan tersebut. Disepanjang jalan ini terdapat beberapa warung bakmi des. Waktu kami kesini, kami memilih bakmi des buatan pak Yono yang lokasinya dekat dengan pasar Pundong ( 200 m sebelum pasar). Rata2 warung bakmi di Pundong mulai buka sore hari sekitar jam 5 sore sampai tengah malam.

Setelah sampai di warung, kami segera memesan. Menunggu pesanan bakminya selesai kita bisa menikmati suasana pedesaan pundong dengan bukit karst yang menjulang di arah timur. Akhirnya pesanan kam harga bakminya terbilang cukup murah, kami bertiga nemesan bakmi  datang, penampakan bakmi des ternyata berbeda sekali dengan bakmi jawa. Mienya berukuran besar seperti kwetiaw, namun mienya pendek-pendek. Mienya bukan buatan pabrik, melainkan buatan sendiri dengan bahan baku dari ketela sehingga rasa bakminya lebih kenyal. Soal harga dijamin tidak bikin kantong jebol kok, kami memesan 3 Bakmi des beserta minumnya hanya membayar 25ribu Rupiah saja, cukup murahkan :)




8 komentar:

  1. Bantul banyak menyimpan kuliner-kuliner unik ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap betul mas, ada beberapa list makanan lg nih yg pngn tak cari hehe

      Hapus
  2. Pernah nyoba...memang enak dan kangen pengen nyoba lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. podo mas :D, pngn nyoba tapi di warung yang lain, kali aja citarasanya beda heheu

      Hapus
  3. di Pundong ada 2 Miedes yang terkenal Miedes Pak Yono ama Mides Bomber, ada Mi yang lain juga namanya Mi penthil.....
    http://www.crystalxnasa.biz

    BalasHapus
  4. hmm.. mas nobi pernah mblusuk di daerah kekuasaanku ternyata.. enak to Mie des Pundong nya.. hee

    BalasHapus