Rabu, 04 Desember 2013

Air Terjun Irenggolo : Pesona Wisata Gunung Wilis



 

Gunung Wilis, gunung yang terlihat melintang panjang  saat saya berada di Tulungagung, bersilaturahmi ke rumahnya Aris Santoso. Gunung Wilis merupakan gunung non-aktif dengan ketinggian 2552 M dpl terletak di beberapa kabupaten Jawa Timur seperti Kediri, Tulungagung, Nganjuk, Madiun, Ponorogo, dan Trenggalek. Saat berada di Tulungagung saya berkesempatan (diajak tuan rumah tepatnya) mengunjungi beberapa objek wisata di Gunung Wilis, salah satunya adalah Air Terjun Irenggolo.

Air terjun Irenggolo terletak di kabupaten Kediri, Jawa Timur  tepatnya di dusun Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo. Dari kota Kediri berjarak sekitar 28 km ke arah bara daya dan bisa memakan waktu paling cepat 30 menit. Sekitar 1 jam akan sampai di kawasan Air Terjun Irenggolo. dari sumber yang saya baca, jika berangkat dari kota Kediri rutenya yaitu berangkat ke arah barat melewati sungai Brantas yang membelah kota Kediri menuju ke daerah Poh Sarang, Kecamatan Semen menuju Besuki. Selanjutnya melintasi Desa Selopanggung dan akhirnya sampai di pintu gerbang Kawasan Wisata Besuki. Di sepanjang jalan kami tidak melihat adanya papan petunjuk menuju air terjun Irenggolo, hanya ada papan petunjuk menuju kawasan air terjun Dholo. Ikuti saja papan petunjuk tersebut karena searah dengan air terjun Irenggolo. Letaknya Irenggolo di lereng gunung, kita dituntut hati-hati karena pasti jalan berkelok-kelok dan kadang jalan tertutup kabut maupun licin, basah karena hujan.

pemandangan dijalan setapak menuju air terjun
Sesampainya di kawasan Air Terjun Irenggolo kita harus berjalan kaki dulu  sekitar 200 meter melewati jalan setapak yang disediakan. Sambil berjalan kaki kita bisa melihat pemandangan lereng gunung Wilis, suara burung berkicau riang, tumbuhan khas pegunungan bahkan bisa melihat burung menari dari dahan ke dahan, dari ranting ke ranting. Sesampainya di air terjun Irenggolo kami langsung berpisah, mencari sudut foto sendiri-sendiri :D.

batuan mirip anak tangga
Air terjun jatuh dari ketinggian 80 meter namun karena kemiringan lerengnya agak landai mungkin sekitar 40-45 derajat, kesannya tidak jatuh dari ketinggian 80 meter. Jika diperhatikan dengan seksama, batuan yang menjadi lintasan air terjun ini mempunyai bentuk yang unik seperti anak tangga. Saat bulan Suro (penanggalan Jawa) di air terjun ini terdapan prosesi adat Sesaji Tirto Husodo merupakan kegiatan ritual yang dilaksanakan oleh masyarakat di Pegunungan Wilis sisi timur tepatnya berada di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo dan berlokasi di air terjun Irenggolo. 

Sayangnya, indahnya air terjun Irenggolo tidak diikuti dengan indahnya fasilitas yang ada. Terlihat beberapa fasilitas seperti kamar mandi, kolam renang, dan beberapa wahana bermain kurang terawat. Padahal jika maksimalkan fasilitas tersebut bisa menambah daya tarik wisatawan untuk berwisata, bersantai, melepas kepenatan di kawasan Irenggolo
fasilitas taman bermain

12 komentar:

  1. Suka banget ama foto yg 1, cakep bener

    BalasHapus
  2. iya nih kok cuma satu foto slowspeednya..padahal keren tuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada mas sebenernya, cuman masih format RAW, blm sempet di convert hehe

      Hapus
  3. fotonya bagus :) rekomendasi bagus untuk berlibur akhir tahun :)

    BalasHapus
  4. Cakep kak, aku malah belum sempet nulis

    BalasHapus
  5. wah aku juga belum nulis ini :(

    BalasHapus
  6. ini perginya sama si master anno mesti, kalian pacalan muluk. atu temburu :3

    BalasHapus
  7. alhamdulillah aku udah kesana (curug/air terjun irrenggolo) awal tahun kmrn (Januari 2013), dan terakhir kmrn (Oktober 2013) nyambangi lagi, air terjun yg lebih diatasnya (Dholo) .. bnr2 subhanalloh bgt bisa menikmati alam disana :) yg kebetulan Kediri merupakan daerah asal kedua orang tuaku..next time, semoga bisa ke air terjun yg lainnya, seperti air terjun sedudo, dll..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ditunggu ceritanya di air terjun sedudo dll ya.., saya juga berencana mampir ke air terjun Sedudo, dll kalo ada kesempatan :)

      Hapus
  8. alhamdulillah informasinya sangat membantu sekali untuk pendakian saya sebelum berangkat menuju gunnung wilis dengan teman teman saya mengetahui info info dan jalur pendakian disana ,trims sukses selalu

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search