Pantai Sarangan, Gunungkidul : Pesona Mungkin Terlupakan

, , 9 comments
panorama pantai Sarangan
Entah berapa jumlahnya deretan pantai indah yang ada di Gunungkidul, Yogyakarta. Walaupun letaknya berdekatan,berbatasan dengan bukit karst kecil pun nama pantainya sudah berbeda. Begitu pula yang terjadi pada pantai yang saya kunjungi kali ini, Pantai Sarangan namanya. Pantainya letaknya di sebelah barat pantai krakal, tepatnya di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Sebagian pengunjung objek wisata ini mungkin salah sangka bahwa pantai Sarangan masih termasuk pantai Krakal, padahal berbeda. Jika dilihat dengan seksama pantai Sarangan dan Krakal hanya dipisahkan dengan bukit karang yang tidak begitu tinggi mungkin hanya sekitar 3-4 meter.

Untuk menuju pantai ini cukup mudah jika mengenakan kendaraan pribadi atau sewaan. Mengunakan kendaraan umum sangat tidak dianjurkan karena akan terlalu lama memakan waktu perjalanan, karena mengunggu kendaraannya. Dari jogja kita hanya tinggal menuju daerah wisata Pantai Gunungkidul lewat jalan wonosari, melewati kota Wonosari lalu memilih jalan Baron, ikuti jalan tersebut nanti aka nada papan petunjuk jalan menuju pantai Krakal. Dari parkiran pantai Krakal, kita tinggal berjalan kaki sebentar menuju pantai Sarangan.

Secara sekilas pantai Sarangan tidak jauh beda dengan pantai Krakal, namun setelah berkunjung kesekian kalinya. Jika pantai Krakal bentuknya lurus memanjang, namun pantai Sarangan bentuknya agak melengkung. Saat surut ternyata pantai ini mempunyai struktur batu karang yang berbatu besar pada bagian barat pantai, sehingga jika ingin bermain air di pantai ini lebih hati-hati agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan (baca : terluka). Tebing sebelah timurnya terdapat anak tangga dari bambu yang bisa dilewati untuk menikmati pemandangan alam pantai dari atas.
batu-batu karang di sebelah barat pantai Sarangan
Jembatan untuk naik ke atas tebing sebelah timur
Fasilitas yang ada disini cukup lengkap, ada tempat ibadah, kamar mandi, penginapan juga warung penjaja makanan. Hanya saja lingkungan pantai ini jarang ada tanaman/pohon yang bisa dijadikan untuk meneduh dari sengatan matahari. Mungkin penanaman pohon jenis tanaman seperti cemara laut, cemara udang atau ketapang bisa menjadi solusi atas masalah tersebut.

9 komentar:

  1. asyik banget ya tempatnya. Buat berjemur enak banget tuh kak

    BalasHapus
  2. masih lanjutan dari postingan tentang gunung kidul ya mas,
    kok keren banget sih foto2nya,
    atau tempatnya yang emang keren, hehe..

    BalasHapus
  3. wuih ... mantap ... kapan kapan ke sini ah .. oh ya saya punya teman di daerah klaten. Kira kira sampai di pantai ini berapa jam kalo dari Klaten?

    BalasHapus
  4. @lingkar pati>> yup, cocok menghitamkan diri

    @yudi>>yup, tmpatnya kern mas..apalagi klo datang pas cuaca lagi bener2 cerah :)

    @pekalonganSketchers>>klo dari klaten sekitar 2 1/2 jam mas :D, ditunggu kunjungannya ksini :)

    BalasHapus
  5. Mantep sekali pantainya, banyak ya pantainya di Yogya ^^. Pantai yang paling eksis yg saya tahu parangtritis hehehe.

    BalasHapus
  6. Bagus bangetttt.... Kayaknya pernah denger deh Sarangan, tapi sebuah nama jalan di asal kota saya, Malang. Taunya aslinya pantai toh, hehehe

    BalasHapus
  7. Indah seklai Pantai Sarangan ini.

    BalasHapus