Menelisik Keunikan Pantai Ngrumput, Gunungkidul

, , 4 comments
Pemandangan Pantai Ngrumput yang penuh batu
Tak disangka hasil coba-coba susur ke arah timur dari pantai drini,kami menemukan sebuah pantai yang unik. Pantai dengan bukit karang yang bolong dan seketika ombak datang melewati lubang yang ada di pinggir karang tersebut. Menurut warga yang ada disana, pantai tersebut bernama pantai Ngrumput. Pantai ini terletak di wilayah yang sama dengan pantai Drini yaitu di desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabiupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai Ngrumput berjarak sekitar 500-700 meter dari pantai Drini dan dapat dicapai dengan jalan kaki susur pantai saat surut atau melewati jalan setapak perbukitan-perbukitan.

Untuk mencapai pantai ini kita bisa berangkat menuju pantai Drini. Dari kota Jogja kita akan menempuh 2 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi atau kendaraan rental. Saat itu kami sampai di pantai drini mulai surut sehingga kami tidak perlu menempuh perjalanan agak jauh melewati perbukitan. Jika melewati jalur pantai kita hanya menempuh 10-15 menit saja. Sedangkan jika melewati perbukitan katanya menempuh 30-45 menit. Jangan mengambil resiko jika laut dalam keadaan pasang karena pantai selatan mempunyai gelombang laut yang ganas, belum lagi keadaan terumbu karang tempat kita berpijak ada beberapa titik yang agak dalam.
si Agung Widi yg memimpin susur dari tepian Drini menuju pantai Ngrumput
Agak memacu adrenalin, seketika ombak datang dengan ketinggian sedikit diatas dengkul, membuat hamparan terumbu karang tak terlihat tertutup buih ombak. Karena kami membawa kamera di tas, otomatis kami mengangkat tas kami dan berdiam diri sampai air tidak lagi berbuih. Kami langsung menepi ke arah tebing dan memilih menaiki pinggir tebing untuk mencapai pantai ini. Disini kita kudu ektra hati-hati agar tidak terperosok kebawah, juga berhati-hati karena ada beberapa karang yang tajam.

Akhirnya Pantainya keliatan, Penuh Batu kan :D
Setelah melewati itu semua sampai lah kami di tepi pantai Ngrumput. Awalnya saya menduga dinamakan pantai Ngrumput karena akan ada banyak rumput disana namun kenyataan tebakan saya salah, di pantai Ngrumput ternyata penuh batu yang timbul secara tersebar diantara pasir pantai. Kami berjalan terus menuju tepi pantainya, dan cukup mengejutkan, karang di sebelah barat pantai ini ternyata cukup unik, karena karang tersebut terdapat lubang yang agak besar. Ketika ombak datang, ombaknya perlahan melewati lubang tersebut.  Pemandangan yang mengagumkan :)

batu-batu yg tersebar
ini dia karang bolongnya


Mengingat hari makin sore, dan khawatir laut akan pasang kembali, kami memutuskan untuk kembali ke pantai Drini dan menikmati sore hari disana :)

4 komentar:

  1. keren banget..ternyata udah nyampe sini :3

    BalasHapus
  2. Cakep pantai nya dari atas, ada karang bolong nya juga :-)

    BalasHapus
  3. kok lokasi ini orang jarang bahas ya mas,
    padahal kelihatan dari foto2nya keren abis gitu,
    udah gtu gak ada keliatan vila2 atau hotel atau bisnis wisata apa gitu di sekitarnya ya,
    atau memang gak kefoto?

    BalasHapus
  4. jauh sekali mas, di gunung kidul.. :D
    butuh berapa lama tuh kalau dari jakarta

    BalasHapus