Tempat Ngabuburit Asik di Jogja

, , 4 comments

Gimana puasanya teman-teman, masih lancarkan hehe. Mumpung bulan Ramadhan mau bahas tentang tempat-tempat ngabuburit di sekitaran jogja. Ngabuburit bisa diartikan sih jalan-jalan sambil menunngu waktu berbuka yaitu pas adzan magrib, jalan-jalan pas mau adzan Dzuhur bisa disebut ngabuburit g ya :p. Banyak opsi sih buat ngabuburit di Jogja, bisa ke pantai, ke mall, ke alun-alun, dan pilihan lainnya, tapi kali ini saya mau bahas tempat-tempat ngabuburit yang bisa sekalian cari takjilan atau makanan-minuman berbuka puasa di sekitaran kota Jogja.

1.       Kampung Ramadhan Kauman

Kampung ini pasti sudah tidak asing lagi ya. Kampung yang letaknya strategis yaitu di barat km 0 Jogja atau di sebelah baratnya gedung bank BNI dan Kantor Pos Pusat. Kampung ini sudah terkenal sejak lama sebagai kampung peradaban islam. Aneka jajanan pasar tradisional dan minuman seperti kolak, es blewah dan lain-lainnya tersedia di sepanjang gang Kauman. Karena letaknya yang strategis sudah semestinya tempat ini ramai dikunjungi. Sehabis membeli takjilan di Kampung Ramadhan Kauman kita bisa melanjutkan ngabuburit di sekitaran kawasan Km 0, alun-alun, taman sari dan sekitarnya.


2.       Kampung Ramadhan Jogokariyan

Kampung ini letaknya juga cukup starategis yaitu di selatannya alkid (alun-alun selatan) tepatnya jalan Parangtritis km 2 atau jika anda dari kota Jogja anda bisa melewati  jalan Parangtritis sampai di perempatan SPBU pertama jalan Parangtritis ambil kanan nanti akan terlihat gapura selamat datang di Kampung Ramadhan Jogokariyan. Disini Takjilannya beragam dan lebih banyak  bahkan sampai ada yang menjual peralatan sholat.


3.       Kawasan UGM
Kawasan ini sangat popular untuk mencari takjilan. Selain tempatnya mudah terjangkau jalanannya cukup luas untuk lalu lalang, disini tersedia makanan-minumam ringan untuk berbuka puasa yang beragam bahkan ada makanan “berat” juga tersedia disini. Selain itu disini juga dekat dengan Masjid Kampus UGM jika kita ingin segera menunaikan ibadah solat Magrib.

4.   Jalur Gaza
Letaknya bukan di daerah konflik timur tengah loh, melaikan di sebelah selatan kota Yogyakarta. tepatnya di jalan Nitikan. Penamaan "Jalur Gaza" ini sengaja diambil karena namanya popular dan mudah diingat. Dan ternyata Jalur Gaza disini bukan hanya nama semata, melainkan singkatan dari JAjanan, Lauk, sayUR, Gubhuk Ashar Zerba Ada. hihi kreatif ya. untuk mencapai jalur gaza ini kita bisa melewati jalan taman siswa keselatan melewati dua lampu lalu lintas. Belok kiri lampu lalu luntas kedua dan anda akan sampai di Jalur Gaza :)


5.       Bukit Bintang
Yang ini tempat ngabuburit yang cukup jauh dari pusat kota Jogja (sekitar 30 menit), tapi tempatjuga tempat favorit untuk ngabuburit, berbuka puasa dengan pemandangan yang cukup indah yaitu gemerlap lampu-lampu kota Jogja, juga pemandangan Senja yang indah jika cuaca sedang mendukung. Untuk sampai kesini cukup mudah, kita tinggal melewati jalan Wonosari lurus terus menanjak kea rah Patuk nanti bukit bintang ada disebelah kanan.


Segini dulu ya, tempat-tempat yang lain belum dicoba dikunjungi nih hehe . Ditunggu aja Updatenya ya :)






nb. kalo ada yang punya rekomendasi tempat ngabuburit asik boleh donk dikasih tau lewat kolom komentar ya

4 komentar:

  1. Jadikangen kampung kauman, perna ngabuburit di situ. Happening banget tempat nya buat cucimata hahahaha

    BalasHapus
  2. waah seumur2 blom pernah tengok kampung kauman..gara2 denger harga makanannya mahal2 :|

    BalasHapus
  3. @cumilebay>> hahaha yap benar sekalian cuci mata

    @anno>> wohh kok kata orang, nyobain sendiri dulu.. :)

    BalasHapus
  4. kemarin belum kesampaian ngabuburit di bukit bintang :(

    BalasHapus