Piknik ke Pantai Kukup, Jogja yuk :)

, , 8 comments

Entah sudah bertahun-tahun silam, pantai kukup masih tetap eksis walaupun drertan pantai gunungkidul lainnya sudah dikelola dengan baik. Mungkin karena letaknya yang dekat dengan loket pantainya atau mungkin memang daya tarik pantai kukup masih tetap berjaya. Pantai Kukup, pantai Gunungkidul pertama kali yang saya kunjungi atas saran teman kampus.  Pemandangan dari tahun 2007 sampai terakhir  kemari bersama keluarga di pantai ini nyari tidak berubah. Dari landmarknya pantai Kukup yaitu Gardu pandang diatas pulau sampai tempat jualannya, mungkin cuma langitnya berbeda :)

Pantai ini letaknya di Desa Kemandang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Jika berangkat ke pantai ini dari Jogja akan memakan waktu sekitar 2 jam menggunakan kendaraan pribadi atau rental. Menuju kesini cukup mudah, kita hanya tinggal melaju ke jalan Wonosari kea rah gunungkidul, di sepanjang perjalanan akan ada banyak papan petunjuk jalan menuju pantai ini. Namun kita tetap kudu hati-hati, karena perjalanan menuju ke pantai ini berkelok-kelok sarta naik-turun.  Ada jalan alternative yaitu melalui Jogja-Imogiri-Selopamioro-Panggang-Saptosari-Pantai Baron-pantai Kukup. Jalan alternative tersebut lumayan sepi dari kendaraan sehingga bisa menjadi alternatif untuk menghindari ramainya kendaraan saat libur hari raya.

cinderamata
Setelah menempuh sekitar dua setengah jam perjalanan kami sampai di halaman parkir pantai Kukup, kondisinya nyari tak ada bedanya dr kunjungan awal tahun 2007.  Menuju bibir pantai kita akan melewati jejeran penjaja oleh-oleh cinderamata dari mulai pakaian sampai kerajinan tangan dari cangkang kerang, ada juga penjaja makanan khas pantai kukup, rumput laut tepung dan udang tepung goreng. Disini juga terdapat penginanan-penginapan jika kita ingin bermalam di pantai ini. Mendekati bibir pantai ada penjual ikan laut hias, jenisnya bermacam-macam dari belut sapi sampai ikan pari.

ini dia landmarknya :)
Sesampai di bibir pantai, pasti pandangan akan tertuju pada landmarknya pantai Kukup yaitu sebuah pulau kecil yang di atas pulau tersebut terdapat gardu pandang untuk menikmati pemandangan di sekitar pantai kukup dari atas. Selain itu untuk mencapai ke pulau tersebut kita akan melalui sebuah jembatan sekitar 20 meter yang dibawahnya laut dan karang-karangnya. Cukup menyenangkan bukan :). Jika pantai kukup sedang surut kita bisa melihat banyak terumbu karang yang ditumbuhi sejenis rumput laut serta beberapa hewan laut seperti bintang laut, kerang laut, bulu babi dan lainnya. saat air surut kita juga bisa lihat para warga sekitar mulai mencari rumput-rumput laut yang nntinya akan dijual atau dijadikan makanan khas panta kukup.
Pemandangan yg terlihat dari gardu pandangnya
Sepertinya memang daya tarik pantai Kukup yang membuatnya tetap eksis dan selalu ramai dikunjungi wisatawan apalagi hari libur. Dari mulai landmarknya yang unik, keindahan tempatnya, keteduhan yang diberikan pohon-pohon yang ada disekitar area pantai memberikan kenyamanan tersendiri. Namun tidak terlepas dari peran para wisatawan tetap menjaga kenyamanan dan kebersihan pantai ini.


Yuk Ke Pantai :)

8 komentar:

  1. huhuhuh.. indah ya mas..
    sepi juga kayake, eh mas di situ yang ada payung-payungnya juga ya..??

    BalasHapus
  2. kelingan jaman cilik dolane neng kukup :'3

    BalasHapus
  3. Wah bagus ya. Kepingin bisa jelajahin semua pantai jogja belum kesampaian aja nih :(

    BalasHapus
  4. @yunita.. ada yun tp krna udah bnyak pohon jrang ada yg gunain payungnya hehe

    @mauren.. :3 g berubahkan mba dr dulu sampe skrang?

    @anggi..hihi masih bnyak waktu buat ke Jogja nggi :)

    BalasHapus
  5. Sudah lama ga hunting kesini...

    BalasHapus
  6. apik ya ternyata.. jembatannya semacam pantai balekambang di malang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi iya, klo di Jogja dimirip-miripn sama tanah lotnya bali mas :D

      Hapus