Pantai Lolang, Si Pantai Kecil Yang Alami

, , 5 comments


Pantai di Gunungkidul jumlahnya berapa ya?. Mungkin sampai saat ini belum ditemukan jumlah pastinya, yang jelas jawaban paling mudah pantai gunungkidul ada banyak. Dan siapa sangka, rasa keingintahuan  mencoba jalan-jalan batu yang ada di pinggir-pinggir laut berakibat menemukan pantai kecil, sepi, bersih dan indah tentunya. Menurut warga, pantai tersebut bernama Pantai Lolang. Awalnya cuma piknik di Pantai Sepanjang (sebelah pantai Kukup) menikmati suasana sekitar, namun ternyata rasa ingin tahu malah berbuah manis.
jalan berbatu menuju pantai Lolang
Pantai Lolang terletak sebelah barat pantai Sepanjang, atau di sebelah timurnya pantai Kukup. Pantai ini berada di Desa Kemandang, Kecamatan Tanjung Sari, Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk mencapai pantai ini, dari Jogja kita bisa melewati jalan Wonosari. Dalam perjalanan menuju pantai tak usah khawatir karena petunjuk jalannya menuju pantai Baron,Kukup. Ikuti petunjuk tersebut nanti kita akan sampai di Loket masuk kawasan pantai. Ikuti jalan tersebut, melewati pantai Kukup sekitar 5 menit akan ada pertigaan jalan aspal dengan petunjuk pantai Sepanjang. Belok kearah pantai Sepanjang dan melewatinya, kita akan menemukan jalan setapak berbatu kiri jalan. Ikuti jalan tersebut sampai mentok bukit yang mau dijadikan suatu resort. Nantinya pantai Lolang ada disebelah kiri anda (dibawah tebing). oia, sepanjang jalan berbatu salah satu sisinya itu tebing yang langsung jatuh dilaut yang mempunyai pemandangan yang bagus.

Pasirnya
Sampai ditepian tebing pantai ini, kami diam sejenak, berdecak kagum, tidak menyangka ada pantai yang kecil namun Indah diapit kedua tebing tinggi, disisi-sisinya terdapat pohon-pohon yang rimbun yang masih alami. Dan tidak disangka disini ditemukan juga pohon Duras yang jadi maskotnya pantai Pok Tunggal hehehe. Setelah turun ke pantai, hawa sejuk langsung menyelimuti kami, yah itu pasti berkat rimbunya pohon-pohon yang ada disana. Pantai tidak terlalu luas, mungkin lebar pasir dari tebing barat ke tebing timur sekitar 20-25 meter. Pasir disini terlihat berbeda, pasir disini masih terasa dari pecahan karang-karang yang agak besar dan di pasir tersebut mudah sekali menemukan cangkang-cangkang dari biota laut. Pantai Lolang, Pantai yang masih Alami J

Neduh di bawah pohon-pohon pantai Lolang :D

5 komentar:

  1. hebaat langsung updeeeet (y)

    BalasHapus
  2. Kaaaaaak, ini kayak pasir di pantai timang ya? Halus gitu keknya :'3

    BalasHapus
  3. makasih banyak infonya...
    baru tau...

    BalasHapus
  4. Juara ... pasir nya rada2 kasar gitu yaaa

    BalasHapus
  5. Lolang; Lo adalah Petualang. *ngarang๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus