Yuk Ke Festival Jailolo, Maluku Utara :D

, , 2 comments

“Tulisan ini diikutkan dalam “Jailolo, I’m Coming!” Blog Contest yang diselenggarakan oleh Festival Teluk Jailolo dan Wego Indonesia



Jailolo, pernahkah kalian dengan tentang daerah bernama Jailolo? Saya sendiri baru setahun yang lalu ketika membaca artikel tentang festival Jailolo. Jailolo merupakan sebuah teluk yang tepatnya di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara. Penduduk Jailolo ini terdiri dari berbagai suku, salah satunya adalah suku Sahu. Suku tersebut dikenal sangat menjaga dengan baik warisan adat istiadat maupun benda-benda peninggalan para leluhurnya, tak heran jika budaya dan kehidupan disana begitu unik. Tidak hanya itu saja, keindahan alam Jailolo ini juga sangat indah.

foto dokumentasi  festival Jailolo 2012
Festival yang sudah menjadi agenda rutin untuk mengenalkan keindahan alam dan budaya serta melestarikan kebudayaan-kebudayaan yang ada di Jailolo. Tidak hanya itu, festival ini juga sebagai cara untuk mengingat/bernostalgia masa-masa kejayaan Maluku Utara yang menjadi pusat dagang dunia dan menjadi incaran bangsa Eropa seperti Portugis dan Spanyol karena mempunyai pohon-pohon emas (rempah-rempah). Pihak panitia tahun ini sudah melakukan promosi secara baik dan maksimal, kita bisa mengikuti pembicaraan seputar Jailolo dan festivalnya melalui akun twitter @jailolofest dan akun FBnya. Terakhir yang saya ketahui ada pengenalan festival Jailolo di Car Free Day serta pementasan kebudayaan Jailolo di daerah Jakarta. Mungkin pihak panitia juga melakukan pengenalan seperti ini di kota-kota besar lainnya atau kota pariwisata seperti Jogja, Bali untuk mengenalkan festival Jailolo dan menarik wisatawan untuk datang.

Keindahan Bawah laut Jailolo (foto dari sini)

salah satu tarian adat di Jailolo (foto dari sini)
Itulah mengapa saya sangat ingin mengunjungi daerah ini apalagi saat adany festival Jailolo bulan Mei mendatang. Susah sekali menuliskan bayangan ketika berada  di tengah-tengah kemeriahan festival Jailolo, ditengah-tengah keindahan alam, kearifan lokal, dan budaya Jailolo unik. Yang pasti akan membuat kita makin bersyukur lahir dan bertanah air Indosenia. Keinginan saya tidak hanya sebatas itu, Jika saya terpilih memenangkan kontes blog “jalan-jalan gratis ke festival Jailolo”, saya bisa saling berbagai cerita pengalaman disana baik langsung maupun lewat tulisan dan foto-foto di blog saya ini. sehingga dapat membuat para pembaca berkeinginan untuk berkunjung kesana, bisa menjadi pedoman untuk wisatawan yang ingin melihat festival Jailolo dan keindahan alamnya dan mengenalkan kemeriahan acara Festival Jailolo di tahun-tahun berikutnya (Amin :D)

Bagaimana untuk pergi ke Jailolo?
Untuk dapat menikmati festival Jailolo tahun ini ada tiga pilihan yang saya ketahui. Pertama anda bisa melakukan mengikuti program perjalanan yang disediakan oleh pihak panitia Festival Jailolo (cek disini ya untuk lebih lanjutnya). Kedua kita bisa menyusun rencana perjalanan sendiri yaitu dengan terbang menuju bandara Sultan Babullah, Ternate. Dari bandara kita bisa menuju ke dermaga Mesjid Raya Ternate menaiki perahu untuk sampai ke pelabuhan Jailolo. Ketiga anda bisa mencoba mengikuti kontes Blog seperti saya ini :) (doakan terpilih yak hehe)

Apa saja yang ada di Festival Jailolo?
Ada beberapa acara menarik disana yaitu upacara ritual Laut Sigofi Ngolo pada acara pembukaan tanggal 16 Mei, Pementasan-pementasan tari-tarian tradisional dan beberapa perlombaan menarik seperti memancing dan lomba fotografi dan video underwater. Penutupannya akan ada konser NOAH loh hehehe. Untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat jadwal acaranya disini (Jadwal Festival Jailolo 2013)

yuk ke Festival Jailolo :D




2 komentar:

  1. Huuuaaa lautnya bikin mupeng...

    BalasHapus
  2. huum Chici.. sangat bikin mupeng ya :D

    BalasHapus