Destinasi Impian: Aceh

, , 4 comments


Aceh, wilayah Indonesia yang letak di paling barat. Menurut saya letaknya yang diujung barat tersebut membuat Aceh ini kurang dikenal padahal Aceh sendiri menyimpan banyak keunikan dan pesona yang akan membuat kita semua terkagum-kagum dan makin mencintai Indonesia.

Tahun 2009 silam, sebuah pameran Pariwisata Indonesia telah membuat saya makin mengenal, “jatuh cinta” dan membuat ingin sekali mengunjungi Aceh. Sebelumnya saya kenal Aceh itu dari sejarah kerajaan Islam, Kemegahan Mesjid Baiturrahman, sebagian kulinernya yaitu Mie Aceh, Kopi Aceh dan tari Saman. Setelah pameran wisata tersebut saya coba mencari-cari segala hal tentang Aceh terutama dari sisi pariwisata dan budayanya. Berikut yang akan membuat kalian (apalagi saya) pasti tergoda untuk mengunjungi Aceh :
  • Banda Aceh
foto dari sini

Berada di kota Banda Aceh, pasti akan ingat yang namanya Mesjid Baiturrahman. Mesjid Baiturrahman ini merupakan salah satu landmark Aceh. Mesjid ini wajib kalian kunjungi karena mempunyai nilai sejarah yang tinggi serta arsitektur yang indah dan saya akui memang merupakan mesjid Terindah di Indonesia.

Di Kota ini kita juga bisa mengunjungi Museum Tsunami. Disini kita bisa merasakan kisah memilukan Tsunami Aceh 2004 dan kedashyatan tsunami saat itu. Tidak hanya museum Tsunami saja, kita bisa melihat kapal besar yang tersangkut di sebuah atap bangunan karena terhempas ombak Tsunami.

Di kota ini kalian akan menemui berbagai hal yang baru terutama transportasi. Aceh mempunyai transportasi khas namanya Labi-labi. Labi-labi ini adalah angkutan umum yang mempunyai bentuk tidak seperti angkutan umum, tapi pintu keluar-masuknya ada di belakang. Selain itu terdapat pula becak, becaknya juga tergolong unik. Becak di Aceh tidak menggunakan tenaga manusia melainkan tenaga mesin (motor) yang letak motornya ada disamping kanan tempat duduk penumpang.
replika Mesjid Baiturrahman di tempat tinggalku saat senja. Replikanya saja sudah indah,
aslinya pasti lebih indah :)

  • Takengon
Takengon, merupakan suatu kota kecil di wilayah Aceh Tengah yang mempunyai pemandangan-pemandangan indah terutama Danau Air Tawarnya. Danau Air Tawar Takengon ini diapit oleh liak-liuk pegunungan yang cantik, suasana sekitar asri pastinya akan membuat kita yang berada disana merasa nyaman.
pemandangan danau air tawar (foto dari sini)
  • Pulau Weh/Sabang
Jika kalian penggemar maupun senang dengan menikmati keindahan wisata pantai, pulau Weh adalah lokasi yang patut kalian coba. Pulau Weh yang merupakan bagian terbarat Indonesia menawarkan berbaga kendahan pantai, taman laut yang ditumbuhi terumbu karang yang menawan. Disini juga terdapat Tugu Km 0nya Indonesia, dimana pengukuran wilayah Indonesia dimulai dari sini. Akses ke Pulau Weh mudah, dari kota Banda Aceh kita tinggal menuju pelabuhan dan menaiki kapal penyebrangan. Sesampainya di pulau Weh kita bisa menyewa motor lalu berkeliling menikmati keindahan Pulau Weh.
foto dari sini

Komunitas @iloveaceh mengadakan lomba Menulis Blog dalam menyambut HUT #3thiloveaceh. Lomba ini diadakan sebagai upaya untuk mengenalkan Aceh lewat tulisan maupun gambar yang memuat infotmasi tentang destinasi baik yang dikenal maupun yang belum banyak dikenal umum sekaligus mendukung adanya tahun kunjungan aceh atau Visit Aceh 2013. @iloveaceh sendiri merupakan  komunitas sosial media yang menjadi wadah informasi tentang Aceh bagi masyarakat Aceh  maupun masyarakat luar Aceh.


Sedikit yang bisa saya tulis saat ini tentang pesona yang ditawarkan Aceh semoga para pembaca blog “teracuni” untuk mengunjungi Aceh dan saya bisa terpilih diajang perlombaan ini untuk pergi ke ACEH destinasi impian saya. Amin :)

4 komentar:

  1. wah baru tau klo Aceh itu ada danau..klo gunung ada ga yah? wkkw

    kata temenku makanan di Aceh itu enak2 lho... rasanya khas, misalnya mie itu rasanya kyk kari pedas manis , trus duren disana itu rasanya beda sma yg disini..

    BalasHapus
  2. Wiiih saking kepengen ke Aceh, kak alan bela-belain moto masjid yang replikanya hampir menyerupai masjid Baiturrahman.

    Keren kak, semoga cepet bisa terwujud ke Aceh ya kak.

    BalasHapus
  3. mas alan udah pernah ke aceh to??
    waahh eksplore lebih banyak lagi mas,,
    seperti biasa, senja dan pantai di aceh ya.... :D

    BalasHapus
  4. @yunita : belum hehe cuma pernah ke mesjid replikanya Baiturrahman aja yun :D, smoga ada kemsepatan kesana

    @intran : hehehe Amin, makasih y ran :)

    @adina: ak juga baru tau ada danau pas punya kenalan orang takengon din :D,,hmm ada din aceh punya gunung namanya gunung lauser :D

    BalasHapus