Keindahan Air Terjun Pantai Jogan, Gunungkidul

, , 16 comments


Pantai Jogan, merupakan satu-satunya pantai gunung kidul  yang menurut saya paling unik Keunikannya terletak pada air terjun yang langsung jatuh ke laut. Pantai ini terdiri dari tebin-tebing tinggi, dinding-dinding tebing yang tajam dan bebataun-bebatuan koral  serta mempunyai sedikit sekali pasir pantainya. Pasir pantainya dapat kita lihat ketika laut dalam keadaan surut.

Pantai ini letaknya dekat dengan pantai Siung, tepatnya di desa Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Jogja.  Dari Jogja perjalanannya sekitar 2 jam, kita bisa melewati jalan wonosari menuju kota Wonosari lalu ambil kearah pantai Siung (ada petunjuk jalannya) dan ikuti jalan tersebut sampai di gapura loket pantai Siung. Hati-ati dalam perjalanan karena jalan naik turun, banyak belokan tajam. Setelah melewati gapura loket pantai siung, di kanan jalan ada papan petunjuk pantai Jogan dengan jalan cor-coran semen. Ikuti jalan setapak tersebut nanti anda akan sampai di pantai Jogan. 

Sepanjang jalan masuk kiri jalan akan terlihat sungai kecil yang mengalir, itu adalah cikal bakal air terjun Jogan. Air sungai tersebut berasal dari bukit-bukit karst yang ada disana. Mengunjungi pantai ini baiknya pada saat musim hujan, peralihan musim hujan ke kemarau. Ketika kami kesini musim kemarau air terjunnya tidak ada dikarenakan mata air air terjun Jogan ini kering.
air terjun Jogan pas kering (musim kemarau)
Sesampainya di pantai, kita tidak bisa melihat langsung air terjunnya anda perlu berjalan 50-100 meter dari lokasi parkiran motor. Sesampainya di pantai kami kangsung takjub dengan pemandangan indah pantai ini. suara ombak, gemerincik air terjun, hembusan angin seolah mengobati perjalanan 2 jam kami dari jogja. Terdapat pijakan-pidakan kecil jika ingin turun menikmati air terjun dari bawah namun saat itu konsidi laut sedang pasang, sangat berbahaya jika memaksakan turun. Kami memlih untuk mencoba menikmati pemandangan laut selatan dari tebing-tebing pantai Jogan, berikut foto-foto keindahan laut selatan :




Terdapat batu-batu datar yang berkumpul jadi satu

Karang Bolong dan pulau ditengah laut

narsis :D

Indah ya ^^

Setelah capai menyelusuri pesisir tebing kami kembali kesatu-satunya warung yang ada disini untuk istirahat dan mengisi perut sebelum kembali pergi ke pantai selanjutnya yaitu pantai Siung ^^


16 komentar:

  1. Sepertinya menarik banget buat dikunjungi nih, cocok buat recomendasi temen saya yang punya bisnis tour dan travel. Gunung Kidul memang wonderful :)

    Tadi baru lihat di wikimapia.org apa pantai ini juga dinamakan Jogan Ombo itu ya? Yang jaraknya dekat dengan pantai siung dan diantara keduanya ada Pantai Nglambor?

    BalasHapus
  2. batuannya kayak susunan candi ya lan *ngimpi*

    BalasHapus
  3. @anno, mungkin aja kali dulu candi :p *ngayal

    @tiyo, yup sebelahnya persis pantai nglambor, itu juga bagus, jalannya kmrin sih masih batu mas hehe

    BalasHapus
  4. numpang tanya,
    perjalanan ke Pantai Jogan naik motor matic memungkinkan gak ya?
    makasih...

    BalasHapus
  5. @rosh bsa kok pake motor matic juga :)

    BalasHapus
  6. mengatakan

    mantap kemarin saya baru dari sana naek vario dan teman saya nae mio :) serasa pante milik

    BalasHapus
  7. yes! pantai yg ada air terjunnya ini memang mantab, dan asik buat foto pre wedding outdoor tema extreem, jos pokoke (y)

    BalasHapus
  8. Bisa pake mobil gak kesananya?

    BalasHapus
  9. @putri. yup mobil bisa kok :)

    BalasHapus
  10. bisa buat ngecamp ga tempatnya?

    BalasHapus
  11. ijin share ya mas, makasih :)

    BalasHapus
  12. Sudah pernah ke Pantai Banyu Tibo di Pacitan, mas? Tipenya mirip2 nih pantainya :D

    BalasHapus
  13. mantab mas... salam kenal..pingin deh bikin info trveling kaya gni... makasih bantuan informasi nya :) www.marmutsaya.blogspot.com

    BalasHapus
  14. pantai yang ada air terjunnya bener2 kerennnn
    kalau ke jogja lagi, mesti nyempetin kesini

    BalasHapus