Survei ke Gunung Ijo, Kulon Progo

, , 8 comments

Waduk Sermo dari Puncak Gunung Ijo
Waduk sermo, salah satu destinasi wisata favorit di wilayah Kulon Progo, Jogja memang memiliki keindahan pemandangan alam yang patut diacungi jempol apalagi di pagi hari maupun sore hari sampai senja tiba. Menikmati suasana waduk Sermo ini ternyata tidak hanya menikmatinya langsung tetapi juga bisa menikmati keindahannya dari ketinggian maksudnya dari atas perbukitan menoreh yang mengelilingi waduk ini. Salah satunya yaitu dari Gunung Ijo yang merupakan puncak tertinggi di perbukutan menoreh Kulon Progo.

Saya mengetahui kabar tentang Gunung Ijo dari salah satu koran lokal yang terbit bulan Juni (klo g salah hehe). Koran tersebut menulis tentang keindahan sunrise disana, katanya saat cuaca bagus, kita bisa melihat 5 Gunung yang ada di Pulau Jawa. Karena hal tersebut saya melakukan survei kesana. Diawali dari mencari informasi tentang Gunung Ijo ternyata sangat minim, sehingga saya dan teman ( amri) mencoba langsung mendatangi Waduk Sermo dan berniat mencari informasi disana. Yup ternyata benar dari waduk Sermo, Gunung Ijo dapat ditempuh sekitar 1 jam dengan jalan yang berkelok-kelok lumayan ekstrim belum lagi jalan bukan aspal yang menanjaknya.

Puncak Gunung Ijo dari bawah
Setelah beberapa kali menanyakan jalan pada GPS (Gunakan Penduduk Setempat :p) sampai juga di dusun Gunung Ijo, Hargotirto, Kokap akan terlihat sebuah bukit yang bentuknya cukup unik itulah tempat yang nantinya akan kami naiki. Jalan naiknya cukup membuat jantung berdebar-debar, jalan tanah yang agak licin agak mepet dengan tepi-tepian bukit jadi saat melewati jalan tersebut tangan tak berhenti meraba-raba meraih apa saja yang ada ditepian bukit sebagai alat berpengangan. Setelah melewati jalan tersebut kita akan menembus savana padang rumput yang indah ditambah lagi dengan kabut-kabut berlarian mengikuti arah angin. Melintasi savana ini menuju puncak gunung Ijo tidak boleh buru-buru karena jalannya hanya setapak, salah langkah kita mungkin bisa terperosok kebawah. Dan sesampainya diatas kami melihat pemandangan waduk sermo dari kejauhan namun karena cuaca sudah terlanjur berkabut waduk sermo terlihat kurang jelas. Kelak kami ingin mengunjungi Puncak Gunung Ijo ini kembali :)

Pemandangan Favoritku disana :)



8 komentar:

  1. Masih alami... jaga dan lestarikan

    BalasHapus
  2. wah keren mas nobi sampe gunung Ijo royo" uye

    BalasHapus
  3. Maaf, gunung ijo bukan dusun, tapi klo dusun ya masuk wilayah plampang 3, kalirejo, kokap, kulonprogo, saya orang plampang 3 mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh ternyata salah ya,, hehe.. makasih udah dikasih tau ya,, segera di ralat :D

      Hapus