Keindahan Pagi Kalibiru, Kulonprogo

, , 55 comments




Waduk Sermo memang salah satu andalan wisata Kulonprogo The Jewels of Java. Bagaimana tidak, waduk sermo ini letaknya dikelilingi perbukitan menoreh yang indah, belum lagi suasana damai yang terasa ketika berada disana. Menikmati pemandangan Waduk Sermo mungkin sudah biasa, namun jika menikmatinya dari ketinggian mesti luar biasa ya. Untuk menikmati waduk sermo dari atas ketinggian sudah pasti kita memang harus menaiki bukit-bukit menoreh disekitar waduk. Ada beberapa opsi untuk menikmati pemandangan waduk sermo dari ketinggian salah satunya dari Wisata Alam Kalibiru.


rute ke Kalibiru (gambar dr sini)
Wisata alam Kalibiru ini di sebelah barat Kota Yogyakarta dengan jarak kurang lebih 40 km, atau hanya berjarak 10 km dari Kota Wates, Ibukota Kabupaten Kulonprogo. Untuk mencapai kesini cukup mudah, kita bisa melalui jalan Wates sampai kota Wates, dari kota Wates ikuti petunjuk jalan menuju Waduk Sermo. Ikuti jalan dipinggir waduk nanti akan ada papan petunjuk jalan kecil di kanan jalan. Papan petunjuk itu akan membawa kita melintasi jalan-jalan menanjak lalu akan sampai di gerbang wisata alam Kalibiru. Saat kemari saya berangkat dari jogja pagi hari sekitar jam 4 pagi karena ingin menikmati sunrise disini. Setelah menempuh 1 jam lebih saya sampai di kawasan ini. karena masih pagi belum ada yang menjaga loket masuk. Jika anda datang setelah jam 8 anda akan ditariki retribusi memasuki kawasan wisata ini sebesar 2000 rupiah. Jumlah yang terbilang murah untuk dapat melihat pemandangan indah. jika anda tak ingin bangun dan berangkat pagi buta untuk melihat matahari terbit, kita bisa menyewa fasilitas homestay yang ada di kawasan wisata tersebut. 

gerbang masuk wisata Kalibiru
salah satu Homestay
Setelah sampai saya bergegas naik melintasi jalan menanjak menuju puncak Kalibiru. Sesampai dipuncak terdapat beberapa gardu pandang yang tersedia. Dari sinilah kita bisa menikmati indahnya pemandangan alam disini, menikmati keindahan matahari terbit dan menikmati keindahan waduk sermo dari atas ketinggian.  langsung aja hasil foto suasana pagi disana :)




Kalibiru, Indah ya :)

untuk lebih jelasnya kalian juga bisa mampir ke website resminya Kalibiru


55 komentar:

  1. pengen kesana..dari jogja jam berapa lan?

    BalasHapus
  2. jam berapa aja bisa kok @anno :) jarak tempuhnya sekitar 1,5 jam

    BalasHapus
  3. dari sermo jauh nggak mas?
    kalau sama gunung ijo deket nggak?

    BalasHapus
  4. sama sermo deket mas.. sekitar 15 menitan,,tp klo dari gunung ijo jauh bgt hehe

    BalasHapus
  5. Apakah lewat jalan ke Samigaluh ??
    dekat dengan Gua Maria Jatiningsih ??

    BalasHapus
  6. @maria,. wah bukan.. kita lewat kota wates trus ke waduk sermo, dari waduk sermo baru ke kalibiru,,ada papan ptunjuk jalannya :)

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. aman mas, tapi di perjalanan tetap hati-hati :)

      Hapus
  8. mantap gan... kenapa gak photo yang di pohon itu gan... kek gini :

    http://santaiarea.blogspot.com/2014/07/potret-kalibiru-kulonprogo-yogyakarta.html

    BalasHapus
  9. Mau tanya dong klo dari UNY mau kesana bs pake transportasi apa aja y?sy asl y dr bgd si,cmn kbtln ada acr d UNY,nah pgn bgt kesan, mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. transportasi umum cuma sampe kota wates aja,,lebih baik dari UNY sewa motor.
      dari UNY ambil ke arah jalan Gejayan menuju Ring Road Utara, perempatan ring road utara ambil kanan, ikutin sampai pertigaan Ringroad Barat, ikutin papan petunjuk ke arah Wates..

      sampai Kota Wates, ikutin arah papan petunjuk Waduk Sermo, dari waduk sermo nnti tanya warga setempat aja, ada papan pengarah menuju Kalibiru cuman ukurannya kecil, kurang begitu keliatan.

      klo kurang jelas bisa kontak langsung via kolom Contact Us di layar sebelah kanan blog ini :)

      Hapus
    2. Klo dr kota solo nempuh waktu brpa lama ke kali biru

      Hapus
    3. Kalo dari jogja 1,5 jam, kalo dari solo kira2 2,5-3,5 jam

      Hapus
  10. kalau rute dari stasiun tugu gimana dan kendaraannya apa?

    BalasHapus
  11. Pengen ke Kalibiru numpang foto di rumah pohonnya hehehe cm sampe skrg blm kesampaian >_<

    BalasHapus
  12. Kalo dg menggunakan mobil ada akses jalannya mas? Bsa dilewati dg amankah? Mulai dri mana ada plang peunjuk arahnya mas.makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mobil bisa,, dari jogja ikutin petunjuk jalan ke waduk sermo,, sampe waduk sermo ikutin petunjuk jalan ke kalibiru.

      Hapus
  13. waaah keren gan, jauh nggak tuh kalau dari kota Jogja?

    BalasHapus
  14. Kalau sewa mbl dari jogja ke kalibiru brp ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba seach di goggle mba..sewa mobil di jogja sekitar 400-500rb perhari

      Hapus
  15. Mas kalau akses dr stasiun malioboro ke aras situ jauh ga si mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1,5 - 2 jam perjalanan mas,, dengan mobil/motor

      Hapus
  16. Kalo dari st. Lempuyangan ke kalibiru pake kendaraan umum apa yaa n berapa lama nyampe sana ? Saya mau ke sana nihh. Balas yaa. Makasihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga ada kendaraan umum mba,, kudu sewa motor atau mobil.
      perjalanan sekitar 1,5-2 jam

      Hapus
  17. Kalo tempat wisata yg searah kalibiru mana aja ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduk sermo,, atau bisa ke pantai Glagah setelah pulang dari kalibiru :)

      Hapus
  18. Jln ny bgus ga gan ke arah kalibiru? Thx yh

    BalasHapus
  19. Kalo dr stasiun wates jauh ga mas? Naik apa ya? Makasih sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo dari stasiun wates coba cari ojek aja mba..g ada angkutan umum kesana soalnya

      Hapus
  20. Mas kalo dr malioboro ke situ kalibiru lewatnya jalan apa ?

    BalasHapus
  21. Kalo dari malioboro ke kalibiru lewatnya jalan apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malioboro ke arah Kulonprogo lewat Jalan Wates, ikutin jalannya aja sampe ketemu petunjuk jalan waduk sermo - sampe waduksermo ada petunjuk jalan ke kalibiru

      Hapus
  22. nice blog boss, untung pernah mampir kesana tahun lalu, kalo dari purwokerto bisa sekali jalan dapet beberapa trip mulai dari baturaden, naik slamet, lanjut ke pantai ayah, trus mlipir selatan ke pantai glagah, lanjut naik ke kalibiru trus ke jogja :D

    BalasHapus
  23. wah beruntung saya udah kesana tahun lalu sebelum rame banget hhehe, kalo jalan dari purwokerto bisa mengunjungi beberapa tempat sekalian juga, kaya baturaden trus naik gunung slamet, atau ke pantai ayah (cilacap), goa karst (gombong) lanjut ke pantai glagah (kulonprogo) baru ke kalibiru, setelah itu bisa lanjut ke jogja hehehe, nice blog gan, lanjutkan!!!

    BalasHapus
  24. Kalo dari kali biru ke puncak suroloyo itu jauh gak sie?? Mending ke suroloyo dulu atau kali biru dulu????

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda jalan hehe.. suroloyo dulu sepertinya lebih sip :)

      Hapus
  25. Mas kalau dr arah prambanan kemananya trs jauh ndak??

    BalasHapus
  26. mas jarak wktu tempuh gn kdul - kulon progo brp jm
    dahuluin mana wisata ke embung sriten atau kalibiru klo dr arah jogja .. maturnuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. gunkid ke kulonprogo sekirat 2jam-an..
      hmm klo melihat dekatnya, lebih dekat kalibiru. klo soal pemandangan dua2nya bagus hehe.. deket kalibiru banyak objek wisata lain..

      Hapus
  27. Kalau mau ke wisata pantai di gunung kidul paling bagus pantai apa? Jarak tempuh dari gunung kidul ke kalibiru jauh ngga? Dari yogya lebih baik k gunjng kidul dulu atau k kalibiru dulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm Kalibiru-Pantai Gunungkidul plg cepet sekitar 3 jam.
      lebih baik kalibiru dulu pagi, cuaca masih sejuk..
      baru basah-basahan ke pantai Gunung Kidul :)

      Hapus
  28. Ini sejalan sama jalur ke Samigaluh ga ya Kak? dekat dengan Gua Maria Jatiningsih kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum bisa jawab pastinya nih mba..
      Goa Maria Jatiningsih di Girimulyo kan ya,,ga sejalur sih tapi ada jalur alternatif lintas pegunungan gitu..

      Hapus
  29. Kalo dari kalibiru mau ke pantai indrayati jauh g?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kira2 sekitar 3,5 jam sampai 4 jam mba eka

      Hapus
  30. Tempat ini (Wisata Alam Kalibiru) bener2 asik dikunjungi. Terakhir ke sana bulan lalu, HTMnya Rp5.000-an masih,

    BalasHapus
  31. Ke kalibiru naik motor bsa gk mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dari waduk sermo ke kalibiru kira2 jauh gak mas?

      Hapus
    2. deket mas, jalannya nanjak aja rasanya jauh hehe

      Hapus
  32. Mohon infonya.. kalau mau menginap di kalibiru bagaimana caranya. Dan berapa range harganya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. rangenya katanya sekitar 300rb buat 10 orang (Pavilum) klo yg buat 4 orang mungkin dibawahnya. Nomor Kontak saya tidak punya mba

      Hapus