Pesona Keindahan Pantai Siung

, , 4 comments

Jajaran pantai-pantai Gunung Kidul memang mempesona. Pasir putih, dikelilingi perbukitan, terdapat terumbu-terumbu karang yang khas menambah cantik keindahan pantai-pantai tersebut. Salah satu pantai yang membuatku terpesona kali ini adalah pantai Siung. Pantai Siung, pantai yang terletak 70 km dari kota Yogyakarta tepatnya di dusun Wates, Desa Purwodadi, kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Untuk menuju ke pantai ini, dari Yogyakarta kita bisa menempuh selama kira-kira 2 jam perjalanan dengan melalui jalan Wonosari sampai kota Wonosari nanti akan ada petunjuk jalan menuju pantai siung ini. Harap hati-hati dalam perjalanan menuju pantai siung karena jalannya naik-turun bukit kadang ada tikungan tajam khususnya perjalanan kota Wonosari sampai ke pantainya.

Rasa capek (apalagi yang jadi supir) setelah menempuh 2 jam perjalanan, melewati perkampungan dan bukit-bukit karst yang banyak ditumbuhi pohon jati akan terbayar dengan pemandangan pantai siung. Pantai dengan pasir yang luas diapit dua bukit karst di kedua sisinya, terumbu karang yang eksotik untuk dilihat, formasi bebatuan karang pantai yang indah, belum lagi suara dan indahnya cipratan ombak yang pecah menghantam batu-batu karang. Jika anda ingin menikmati keindahan pemandangan  pantai siung dari atas anda bisa menaiki bukit yang ada di sebelah kiri (jika arah kita menghadap laut). Selain keindahan pantainya, tebing-tebing pantai siung juga terkenal dengan surganya para pemanjat. Kurang lebih terdapat 250 titik pemanjatan dengan tikat kesulitan yang beragam.

Tebing untuk menikmati siung dari atas
Fasilitas di pantai ini bisa dibilang cukup memadai, ada area parkir yang luas sehingga tak perlu kuatir jika datang menggunakan bis pariwisata sekalipun, disini juga terdapat warung-warung yang menjual makanan-minuman yang akan memanjakan perut anda, serta kamar mandi umum. Makanan yang disajikan disini berupa makanan laut yang sumbernya dari nelayan pantai Siung ini. Selain itu disini juga ada camping ground (tempat berkemah) jika anda ingin melakukan kemah di pantai, jika yang tidak berkemah tapi ingin menginap anda bisa menggunakan jasa menginap dirumah penduduk setempat.

Pemandangan Siung dari atas
yuk main ke Pantai Siung dan tetep jaga kebersihan pantai yang indah ini ya :)




4 komentar: