New Selo, Gerbang Pendakian Merapi

, , 5 comments

Pagi yang cerah, saya bersama rekan saya, yuliady berangkat menuju kawasan daerah selo. Perjalanan yang luar biasa indah cukup memanjakan mata, karena daerah sini adalah daerah yang di apit oleh gunung merapi-merbabu dan kami sempatkan diri bernarsis ria di pinggir jalan hehe. Kami pun mencoba mengunjungi New Selo yg terletak 5 km daripuncak gunung Merapi. New Selo ini merupakan Pos pendakian untuk mencapai puncak gunung Merapi juga berfungsi sebagai gardu pandang.  Untuk mencapainya cukup mudah dari Jogja kita bisa melewati jalan Magelang, lalu menuju jalan mungkid-Boyolali atau bisa juga melewati jalan Jogja-Solo ke arah Boyolali lalu dari Boyolali mengambil arah menuju Selo.


Sesampainya di pos pendakian New Selo menuju Gardu Pandangnya kami melintasi jalan menanjak yang sepertinya ga habis-habis, untungnya si motor kondisinya lagi fit. Di tengah perjalanan menanjak tersebut kami pun berhenti sejenak memikmati gerbang dusun yang berada di New Selo berlatarkan Gunung merapi di belakangnya, seperti pintu menuju puncak Merapi (khayalan kami ^^). Kami beruntung kesana pagi hari saat cuaca sedang cerah. Kami dapat melihat pemandangan seluas-luasnya tanpa terhalang oleh kabut. Jika melihat ke belakang gardu pandang akan terlihat gunung merapi yang enjulang tinggi.  Jika memandang ke depan, kita bisa melihat pemandangan gunung merbabu, ladang-ladang serta rumah-rumah penduduk yang luar biasa indah.

Pemandangan Gunung Merbabu dar New Selo
Di kawasan gardu pandang ini juga terdapat warung-warung yang menjajakan berbagai makanan serta minuman yang membuat badan anda terasa hangat. Selain itu juga ada yang menjual cinderamata untuk kenang-kenangan telah mengunjungi kawasan New Selo. Udara khas pegunungan dan pemandangan yang dominan berwarna hijau saya jamin cocok untuk anda yang ingin melepas penat akan rutinitas sehari hari.

5 komentar:

  1. @backpackeren:heheh ga..cuma bawa kamera kesana.. g siap hehe

    BalasHapus
  2. Hmmm itu bacanya begimana lan -> New dalam bahasa Inggris atau gimana?

    Wah itu di gerbang dusunnya masih pake aksara jawa ya tulisannya (/>o<)/

    BalasHapus
  3. kayaknya pemandangannya mantep khas pegunungan ya. apakah ini seperti ketep pass? saya belum pernah ke ketep pass juga ke new selo ini.
    btw, kenapa namanya kok nginggrisi yo? :-) kayaknya lebih keren namanya seperti ini, "selo anyar", "selo sak iki"... piye mas? :-)

    BalasHapus