Yuk ke Pantai Wediombo :)

, , 4 comments


Pantai yang Indah, gambaran yang pertama muncul ketika ingin berwisata ke wilayah Gunung Kidul. Memang pantai-pantai gunung kidul memang terkenal akan keindahannya. Umumnya pantai gunung kidul mempunyai pasir putih yang terbentuk dari sedimentasi karang laut serta disisi pantainya di batasi dengan tebingbatuan karst yang tinggi. Belum lagi jika pantai sedang surut kita akan bisa melihat satwa dan tumbuhan laut yang tumbuh diantara karang-karang yang ada.

Kali ini saya mencoba mengunjungi pantai Wediombo, pantai yang terletak di desa Jepitu, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Menuju pantai ini aksesnya cukup mudah anda bisa melewati Jogja-Wonosari-Semanu-Wediombo atau bisa melalui jalur dari Jogja menuju ke Wonosari menuju daerah Tepus. Nanti di pertigaan tepus kita ambil arah selatan (ada papan petunjuk jalan). Dari sini kita bisa mengikuti papan petunjuk jalan yang ada di sepanjang perjalanan. Jangan ragu bertanya pada penduduk setempat jika mulai ragu dengan jalan yang tempuh.

Nama Wediombo sebenarnya berasal dari dua kata bahasa jawa yaitu wedi (pasir) dan ombo (luas). Pasir yang luas disini tak bisa anda bayangkan seluas pantai-pantai di daerah bantul seperti pantai Parangtritis karena pantai ini di apit perbukitan disisi utara-timur dan baratnya. Nanti ketika kita sampai di pantai ini anda akan melihat hamparan pasir dari bukit ujung timur sampai ujung barat, ini yang menurut saya kenapa dinamakan pantai Wediombo dan ini juga merupakan salah satu keistimewaan pantai ini. Keistimewaan lainnya di pantai ini terdapai batu karang yang besar-besar yang unik yang terdapat di sebelah timur pantai. Setelah capai berpetualang panas-panasan menyelusuri hamparan pasir yang luas dari unjung timur keujung barat ataupun bermain di batu-batu karang, kita bisa berteduh di bawah pohon yang tersedia di sepanjang pantai ini apalagi jika anda sekalian memesan minuman segar seperti es kelapa muda. Bisa dibayangkan betapa nikmatnya :). Selain memiliki pemandangan yang indah pantai ini sering kali menjadi pilihan bagi para pemancing untuk memancing ikan. Saat saya mengunjungi pantai ini terlihat beberapa pemancing memancing di tebing sebelah timur. Ikan cucut, atau ikan panjo (nama lokal) biasanya didapat pemancing ditempat ini.

Yuk ke Wediombo :)


4 komentar:

  1. ombak yang terlihat di poto..
    serasa terdengar gemuruhnya.. hmmmmm.... kangen.. ^^

    BalasHapus
  2. @yunita: hihi klo kangen mampir kesini donk :p

    BalasHapus
  3. pingin ke pantai wediombo lg :]

    BalasHapus
  4. pantai wediombo ada kolam renang alaminya... :)

    BalasHapus