Serunya Perjalanan Menuju Pantai Greweng

, , 33 comments


Pantai Greweng, nama yang asing ketika saya mendengarnya dari mulut sahabatku, indah dari Jakarta. Dia datang ke Jogja untuk sekian kalinya ingin ditemani menjelajah ke pantai-pantai tersembunyi di balik bukit-bukit gunung kidul, salah satunya yaitu pantai Greweng ini.

Pantai Greweng terletak di sebelah timur pantai Wediombo tepatnya di kecamatan Girisubo, Gunung Kidul Yogyakarta. Untuk menuju ke pantai Greweng aksesnya tidak sulit, pertama anda harus menuju pantai Wediombo terlebih dahulu. Dari kota Jogja menuju kota Wonosari melalui jalan Wonosari, lalu menuju arah Tepus dari pertigaan Tepus anda ambil jalan kekiri (selatan) ikuti jalan tersebut lalu ikuti papan petunjuk jalan yang mengarah ke pantai tersebut. Jika anda ragu jangan malu bertanya pada penduduk setempat. Perjalanan dari kota Jogja ke Wediombo memakan waktu sekitar 2 jam lebih.Sesampainya di Pantai Wediombo, kami pun mencoba bertanya-tanya kepada penduduk sekitar. Menurut mereka untuk menuju ke sana bisa ditempuh sejauh 2km (menurut kami lebih dari 3km hehe) melalui jalan setapak di sebelah parkiran atas Wediombo. Dari jalan setapak tersebut akan menemui beberapa persimpangan jalan setapak. Mereka menyarankan agar jangan sungkan bertanya kepada petani di sekitar sana.
hutan batu

Pertama yang akan kami lihat saat tracking melihat ladang-ladang yang mayoritas ditanami jagung, kacang tanah dan tumbuhan pakan ternak beserta ternaknya di sekitar ladang tersebut. Disinilah kami menemui beberapa persimpangan, dan kami pun bertanya ke pada petani yang ada di sekitar kami. Setelah melewati ladang-ladang tersebut anda akan memasuki hutan. Biasanya hutan dipenuhi oleh pepohonan, tapi hutan yang kami temui isinya kebanyakan adalah batu-batu Karst dan Kami menamainya Hutan Batu hehehe. Setelah melewati hutan batu kita berhenti sejenak melihat pemandangan indah ini. Bukit-bukit yang tinggi menutupi pantai Greweng yang ingin kami tuju, dari celah-celah antara gunung terlihat laut yang biru. Seolah mendapatan energi setelah melihat laut dar celah perbukitan,kamipun melanjutkan perjalanan. Nah dari sini kami berhati-hati karena kita akan menuruni bukit. Sesampai di bawah bukit anda akan menemukan sebuah goa disalah satu bagian tebing, namun kami memutuskan untuk tidak masuk kedalam goa tersebut karena ada rasa takut. Disini kami juga menemukan sumber mata air. Menurut pemancing ikan yang kami temui di sekitar mata air, mata air yang sebelah utara bisa langsung diminum namun yang sebelah selatan tidak baik untuk di minum karena sering dipakai bersih-bersih (mandi dan sejenisnya). Mengetahui air bisa diminum kamipun langsung mengisi botol minum kami yang kosong dan melanjutkan perjalanan. Menurut pemancing ikan tersebut, pantai Greweng bisa ditempuh dari sini dengan mengambil pertigaan ke kanan dan untuk menuju pantai sedahan kita hrus mengambil jalan ke kiri di pertigaan jalan setapak dekat mata air dengan jarak sekitar 15 menit untuk sampai ke pantai-pantai tersebut. Kami memutuskan mengunjungi pantai Greweng terlebih dahulu. Sebelum mencapai pantai Greweng, kami melewati hutan yang sejuk, didalamnya terdapat aliran air yang mengalir menuju pantai.
Pemandangan yg membuat kami terhenti sesudah hutan batu
Goa yang kami lihat
mengambil air di mata air
Hutan Sejuk yang kami temukan sebelum sampai pantai greweng
Sesampainya di pantai Greweng, kami pun secara naluri mengeluarkan kamera dan mengabadikan moment bersama di pantai tersebut. Pantai Greweng pantai yang indah, pantai menjorok ke dalam terapit dua buah bukit karst yang tinggi. Hamparan karang yang indah pun juga ikut menghias pantai ini, namun tidak ditemukan jenis-jenis rumput laut yang tumbuh di karang seperti pada pantai-pantai lain di Gunung Kidul. Serunya perjalanan menuju kemari juga menjadi tantangan bagi kita yang ingin mengunjungi pantai Greweng ini. Mari berwisata :)



Keindahan Pantai Greweng
nb. setelah mengunjungi dua kali ternyata pantai ini mempunyai nama lain yaitu pantai Pulutan

33 komentar:

  1. sayang sekali saya tidak bisa kemari saat masih di jogja.. T.T

    BalasHapus
  2. itu pantai daerah mana e mas kok bru denger

    BalasHapus
  3. kereen ini kak
    yuk mrono meneh sehari bisa ga ya?

    BalasHapus
  4. @mas oki..daerah timurnya pantai wediombo mas..kudu tracking klo mau kesini.. :)

    @anno:sehari bisa no, berangkat pagi pulang malam hehe

    BalasHapus
  5. kapan-kapan wajib ikut "menjajah" tempat ini, 3km jalan kaki nya itu lho yg ga nahan. ;-) keren!

    BalasHapus
  6. @pacarkecil:wajib mba.. ditunggu ceritanya yak :)

    BalasHapus
  7. pasir putih kagak min...?
    Klo dari solo kira2 brapa jam ya..??
    -..

    BalasHapus
  8. @arex pasirnya putih,,hmm klo dr solo lwt wonogiri sekitar 2 jam lebih. dari wediombo jalan ke grewengnya kira2 30 menit...

    BalasHapus
  9. gan sama pantai jungwok mananya???

    BalasHapus
  10. klo dari pantai jungwok sebelah timurnya lagi :)

    BalasHapus
  11. bagus bgt ya, pantainya masih sepi sunyi, enk klo buat refresing
    kpn ada libur supaya bs main k sna....

    BalasHapus
  12. aahh,, jadi pingin ke jogja survei pantai2 yang ada di sana. hmmmhh >.<

    BalasHapus
  13. dimarking di maps dong kakaaaak alan, kalau selo biar saya nggak nyasar kesananya :'3

    BalasHapus
  14. Wah, kudu ndono ki. Asik ketoke

    BalasHapus
  15. mba mauren >> g sempet marking pantai greweng mba, tp klo mau kesana lewat wediombo (jalan setapak di parkiran atas) hehe

    BalasHapus
  16. Balasan
    1. lumayan mas.. lumayan melelahkan :)

      Hapus
  17. Nice blog,Mas hoho
    Udah macem Tourist Guide :D

    BalasHapus
  18. Bisa buat nge camp ga mas di pantainya? Makasii

    BalasHapus
  19. keren blognya gan,informatif bgt, ngebantu bgt bagi yg suka mbolang,hehe
    mampir2 keblog ane juga gan :D
    http://catatanperjalanan-outdoor.blogspot.com/

    BalasHapus
  20. dari dulu pengen kesini belum kesampaian,hehe

    BalasHapus
  21. Wah mas alan sudah telusur nieh pantai,,,, padahal pantai ini lagi buming sekarang - sekarang ini,,,, salam kenal mas

    BalasHapus
  22. Rencana mau ngecamp disini hehe

    BalasHapus
  23. Sayang bngt mau camping kesana tapi nyasar di jungwok. Next time bismillah

    BalasHapus
  24. persiapan sudah selesai malam ini, besok pagi tinggal gass kesana. akhir tahun mengasingkan diri dari keramaian kota. terimakasih telah membuat blog ini, salam hormat dari saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kembali mas andy :)

      Hapus
  25. bisa ngliat sunrise or sunset ngga? kalo ngecamp kira2 aman?

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus naik ke atas bukitnya..g bisa klo dari pantai

      Hapus
  26. Wah...bisa nih...tapi sedikit berjuang dulu sebelum masuk ke pantai indah itu....tapi kira-kira bisa buat camping ndak yah tempatnya? :)
    salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mas.. bisa kok mas, udah lumayan sering juga orang yg kemah di pantai greweng sekarang :)

      Hapus
  27. makasih gan buat infonya dan salam sukses

    BalasHapus