Tersembunyinya Keindahan Pantai Nguyahan

, , 5 comments


Berkunjung ke Pantai Ngobaran menikmati keindahan pantai, keunikan budaya dan sejarahnya namun untuk bermain air dan berenang di pantai tersebut kurang bisa leluasa karena pantai tersebut terdapat banyak sekali terumbu dan batu karang. Namun kita tak perlu khawatir karena di sebelah pantai ngobaran terdapat sebuah pantai berpasir dan datar yang menarik untuk bermain air dan berenang. Nama pantai tersebut adalah pantai Nguyahan. Pantai Nguyahan terletak sama seperti pantai Ngobaran yaitu di  Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul mempunyai keindahan yang tersembunyi dikalangan wisatawan. Tersembunyinya Keindahan pantai ini bukan karena keindahannya tidak terlihat telanjang mata, tapi karena pantai ini jarang dijamah wisatawan itu, padahal letak pantai Nguyahan berdampingan dengan Pantai Ngobaran dan jaraknya hanya sekitar 200-500 meter dari Pantai Ngrenehan. Jalan yang belum baik serta tidak adanya papan petunjuk ke arah pantai menjadi penyebab para wisatawan tidak banyak yang mengetahui ada pantai seindah Nguyahan yang berada di sebelah Ngobaran.
Dari parkiran pantai Ngobaran kita bisa menyulusuri jalan batu agak menanjak dan akan terlihat sebuah pantai pasir putih yang datar, deretan gubuk-gubuk tepi pantai dan rumah para penduduk sekitar pantai menambah keindahan pantai ini. Para penduduk menggunakan rumah mereka sekaligus sebagai warung yang menjajakan makanan seadanya, seperti mie rebus atau goreng, softdrink, dan es kelapa muda. Di depan rumah penduduk terdapat deretan gubuk-gubuk yang difungsikan untuk tempat bersantai menikmati suasana pantai ini. Saat saya mengunjungi pantai ini hanya terlihat pengunjung yang tidak begitu ramai. Saat surut kita bisa melihat hamparan rumput laut yang tumbuh di terumbu karang serta jenis-jenis hewan laut. Saat surut inilah para wisatawan khususnya anak-anak bersemangat menangkap hewan-hewan laut dan tidak ketinggalan pula beberapa penduduk terlihat sedang mengumpulkan suket paris.


Selain Pantai Nguyahan dan Ngobaran tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi pantai Ngrenehan yang letaknya di sebelah timur pantai Ngobaran (pertigaan sebelum gapura pantai Ngobaran-Nguyahan ambil kiri). Penjelasan tentang pantai Ngrenehan bisa dilihat di Tautan ini

5 komentar:

  1. kunjungan gan .,.
    bagi" motivasi .,.
    jangan pernah mengeluh dengan apapun .,.
    tetaplah semangat dan nikmati semua.,.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

    BalasHapus
  2. Suket paris itu apa ya lan?

    BalasHapus
  3. @chichi: suket paris sejenis rumput laut chi. blm spet ambil fotnya kmrin..

    @outboudmalang. makasih atas kunjungannya :)

    BalasHapus
  4. Bro Nobi,
    Alangkah baiknya bila di sertakan posisi GPS Lat Long dari objek2 wisata pantai ini, supaya mudah untuk Road navigasi kita amatir explore ini.
    Matur nuwun.

    BalasHapus
  5. Sungguh pemandangan yang luar biasa, saya baru tau ada pantai seindah Ngobaran (yang ada pure, eksotik sekali untuk foto) dan pantai Nguyahan yang W O W...cantik sekali, dengan hamparan pasir putihnya. Kita bisa puas main air sambil foto di pantai ini, ada tebing yang menyerupai gua asyik buat foto dan bisa untuk berteduh. Wah pokoknya asyiiiik. Setelah aku aploud foto banyak yang order untuk diantar berkunjung ke situ. Trimakasih pantai Ngoban dan Nguyahan atas keindahanmu dan menjadi berkah bagiku dan bagi banyak orang. Amiiiin

    BalasHapus