Mengunjungi Desa Batik Tulis Kayu, Bantul

, , 2 comments
Mendengar kata “batik" umumnya yang akan terlintas dipikiran kita adalah kerajinan yang diciptakan disebuah helaian kain. Namun seiring perkembangan jaman muncullah ide membuat batik tulis pada kayu. Hasil kerajinan batik kayu ini antara lain wayang kayu, berbagai peralatan rumah tangga, berbagai hiasan kayu dan gantungan kunci. Kerajinan batik kayu akan sering anda jumpain di kawasan Malioboro, Borobudur, Prambanan dan kawasan wisata lainnya yang biasanya dijajakan sebagai oleh-oleh /cinderamata. Rasa penasaran bagaimana pembuatannya membawa saya ke sebuah desa wisata yang letaknya di daerah Bantul yang bernama Desa Krebet dan Pringgading.
Desa Krebet dan Pringgading  memang terkenal dengan hasil kerajinan batik tulisnya. Rute menuju desa ini cukup mudah, anda bisa menempuh perjalanan dari jogja melewati jalan raya Bantul, melewati desa wisata Kasongan, ikuti jalan tersebut sampai menemukan perempatan (ada alfamart) ambil kiri. Ikuti jalan tersebut anda akan melintasi jalan menanjak dan melewati hutan jati dan rumah-rumah penduduk yang letaknya berjauhan, ikuti papan petunjuk jalannya dan sampailah di desa wisata ini. Desa wisata Krebet ditandai dengan adanya patung semar besar di pinggir jalan sedangkan desa Pringgading letaknya di sebelah timur desa Krebet atau tepatnya sebelum mencapai desa Krebet. Namanya desa wisata desa-desa ini menawarkan beberapa jenis wisata salah satunya wisatawan dapat mencoba membuat kerajinan batik kayu yang menjadi andalan desa wisata ini.
Sepanjang jalan utama desa wisata Krebet-Pringgading berjejer sanggar kerajinan dan saya pun tak lupa mampir melihat-lihat salah satu dari banyak sanggar kerajinan. Sanggar yang saya hampiri bernama sanggar “Prima Batik” milik pak Mangku. Di sanggar ini saya dipersilakan melihat-lihat tempat pembuatan kerajinan yang letaknya tepat di belakang sanggar kerajinan. sesampainya ditempat pembuatan terlihat beberapa pengrajin ada yang sedang melakukan batik tulis kayu, pewarnaan topeng dan lainnya. Berikut foto liputan kunjungannya:

Tempat Kerajinan dibuat

Proses Pewarnaan

Proses Pengecatan Warna Transparan

penjemuran

sudah jadi dan belum jadi
Ayo ke Desa Wisata Krebet-Pringgading. Buatlah oleh-oleh untuk orang tersayangmu dengan ukiran batikmu sendiri ^^


nyoba batik tulis kayu.. hasilnya jangan ditanya y hehe

2 komentar:

  1. Huuuua itu cantingnya aja belum pernah ngelihat aslinya sekalipun lan, apalagi nyoba ngebatiknya...
    *makin pengen ke jogja

    BalasHapus
  2. ayo kak alan kesini lagi..ajakin kita2 :D

    BalasHapus