Ke Jogja, Jangan Lupa Mampir ke Kraton Jogja

, , 3 comments


Rasanya memang tak lengkap jika berwisata ke jogja tapi tidak berkunjung ke Kraton Kasultanan Yogyakarta Hadiningkrat atau singkatnya Kraton Jogja. Kraton Yogyakarta dibangun oleh Pangeran Mangkubumi pada tahun 1755, beberapa bulan setelah penandatanganan Perjanjian Giyanti. Dipilihnya Hutan Beringin sebagai tempat berdirinya kraton dikarenakan tanah tersebut diapit dua sungai sehingga dianggap baik dan terlindung dari kemungkinan banjir. Meski sudah berusia ratusan tahun dan sempat rusak akibat gempa besar pada tahun 1867, bangunan Kraton Yogyakarta tetap berdiri dengan kokoh dan terawat dengan baik.

abdi dalem yang berjaga
Kraton jogja mempunyai 2 loket masuk yang pertama yaitu di Tepas Keprajuritan (depan Alun-alun Utara). Dengan tiket masuk seharga Rp.3000 anda bisa menikmati Bangsal Pagelaran dan Siti Hinggil serta melihat koleksi beberapa kereta kraton. Di bangsal Pagelaran ini Sri Sultan, kerabat istana dan para pejabat pemerintah Kraton menyaksikan latihan para prajurit atau beberapa upacara adat yang diselenggarakan di alun - alun utara. Loket masuk yang kedua yaitu Tepas Pariwisata. Dengan membayar tiket seharga Rp.5000 anda bisa memasuki dan menikmati Kompleks Sri Manganti dan Kedhaton di mana terdapat Bangsal Kencono yang menjadi balairung utama kerajaan. Jarak antara pintu loket pertama dan kedua tidaklah jauh, wisatawan cukup menyusuri Jalan Rotowijayan dengan jalan kaki atau naik becak.

wisatawan
Saat memasuki kraton, anda akan disambut dengan alunan musik macapat yang merdu dan beberapa abdi dalem berjaga didepan gerbangnya. Di dalam kraton ini anda bisa melihat aktivitas para abdi dalem yang sedang bertugas, melihat koleksi-koleksi yang ada di dalam kraton senjata, foto, miniatur, kramik, aneka jenis batik, dan lain-lainnya. selain itu anda pun bisa menikmati pertunjukan seni yang selalu berbeda tiap harinya. Pertunjukan untuk hari senin dan selasa yaitu Karawitan, hari rabu pertunjukan wayang golek, hari kamis pertunjukan gamelan dan sendratari klasik, hari jum’at pertunjukan macapat, hari sabtu pertunjukan wayang kulit, dan hari minggu yaitu pertunjukan wayang orang dan tari-tarian. Pertunjukan-pertunjukan ini dimulai jam 10 pagi kecuali hari minggu akan dimulai jam 09.30 waktu setempat.
Sendratari Klasik tiap hari kamis

Dengan mengunjungi Kraton Jogja ini, saya pun rasanya bisa menikmati serta mendapatkan pengalaman yang menarik tentang kehidupan budaya jawa dan tempat tinggal raja.

3 komentar:

  1. udah lama ga masuk kemari...

    BalasHapus
  2. Kapan daku nyampe kesanaaaa...
    [lagi-lagi] mupeng

    BalasHapus
  3. @anno: joba masuk lagi gih no :)

    @cici: hihihi klo ada pintu ajaib km tak jemput deh ci..

    BalasHapus