Keunikan Desa Wisata Gamplong,Sleman

, , 5 comments
Menenun sebuah karya
Bicara soal desa wisata, Yogyakarta memiliki banyak desa wisata dengan potensi-potensi menarik yang berbeda-beda dan kali ini saya mencoba mengunjungi desa wisata Gamplong. Desa wisata Gamplong terletak di Gamplong, Desa Sumber Rahayu Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Desa ini mempunyai potensi wisata menarik berupa industri kerajinan tenun tradisional dengan menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Untuk menuju desa wisata ini cukup mudah,dari Jogja kita bisa menuju jalan Wates Km.14 (simpang tiga Klangon) ambil kanan setelah itu kita tinggal menyelusuri jalan sampai ketemu pertigaan rel kereta api ambil kanan dan akhirnya sampai di wilayah dukuh Gamplong.

Alat Tenun Bukan Mesin
Saat melintasi wilayah Gamplong, akan terlihat banyak plang nama industri kerajinan tenun yang di dalamnya terdapat Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) untuk memproduksi rumah mempunyai kain maupun kerajinan lainnya, selain itu beberapa rumah juga terdapat ATBM. Mayoritas pengrajin dengan alat tenun tersebut dari kalangan ibu-ibu. Bahan baku yang digunakan selain benang juga menggunakan lidi, serat enceng gondok, akar wangi dan bahan tersebut didapat di wilayah sekitar. Hasil produksinya berupa kain tenun sebagai bahan stagen (kain panjang untuk melilit bagian perut wanita) dan beberapa kerajinan anyaman untuk souvenir (bahan baku lidi, serat enceng gondok dan akar wangi). Hasil produksinya tidak hanya dipasarkan di jogja tapi juga ke Bali, Jakarta bahkan ada pengusaha Australia yang memesannya.

Kerajinan ayaman dan kain tenun









5 komentar:

  1. wah.. jadi pengen ke sana.. nice info gan.

    happy blogging :D

    BalasHapus
  2. pedan klaten sebelah mana?

    BalasHapus
  3. Saya punya teman masa kecil tinggal di GAMPLONG 4 (masuknya dr Klangon, dulu banyak pohonnya). Teman saya namanya Arif Rinaldi, bapaknya dulu kerja di kantor pegadaian NGUPASAN-Yogyakarta.

    Saya kekuangan informasi mengenai klangon-Gamplong 4 di internet. Saya sekarang ada di Kalimatan Timur. Apakah bisa bantu saya menemukan teman yg sudah 30 tahun tak berjumpa ?.... Trims.

    BalasHapus