Air Terjun Ngembel, Gunung Kidul

, , 11 comments

Air Terjun ini juga dinamakan air terjun Tempuran karena keunikannya yaiu air terju langsung jatuh ke sungai Oyo.  Air terjun ini berada di Ngembel, desa Karang Tengah, kecamatan Wonosari dan letaknya sangat strategis yaitu di jalan Wonosari – Nglipar (jembatan sungai Oyo) atau dekat dengan pemandian alam Ngembel. Untuk menuju ke lokasi ini, anda bisa melewati jalan Wonosari, belok kiri setelah sampai di bunderan kota Wonosari, ikuti jalan tersebut sampai lampu merah pertama ambil kiri (jalan Wonosari-Nglipar). Ikuti jalan tersebut 500m sebelum jembatan sungai Oyo akan ada warung sate (sebelah kiri). Kita tidak mampir ke warung satenya tapi ambil jalan di sebrang warung satenya (jalan cor-coran menurun) atau jika anda bingung jangan malu bertanya dimana lokasi “sumber Ngembel” kepada warga setempat. Setelah menemukan sumber Ngembel anda akan melihat hamparan sawah yang indah. Ikuti aliran irigasi, nanti anda akan menemukan air terjun tersebut.
Sumber Ngembel yang menjadi patokan untuk menuju ke air terjun  ini
Sumber air terjun ini asalnya dari sumber Ngembel yang merupakan sumber air yang digunakan warga untuk kebutuhan sehari-hari dan irigasi sawah. Air yang mengalir di irigasi sawah inilah yang nantinya akan menjadi air terjun yang jatuh ke sungai Oyo. Namun warga setempat mengenalnya hanya aliran air irigasi yang jatuh dari tebing lalu ke sungai Oyo.
ikuti aliran irigasi untuk sampai ke air terjun
Untuk menikmati air terjun ini kita bisa melihatnya dari atas tebing, bawah dan sebrang sungai. Pada kali ini kami hanya bisa menikmati air terjun ini yaitu atas dan bawah karna waktu udah keburu sore. Untuk menikmati air terjun dari sebrang harus melewati jalan cukup jauh memutar melewati jembatan sungai Oyo . Untuk turun ke bawah anda bisa menuruni tebing sebelah kanan anda (jika menghadap ke arah sungai), carilah jalan yang aman untuk turun. Setelah turun ke bawah anda akan menikmati derasnya aliran air terjun dan tenangnya aliran air sungai Oyo.

pemandangan menikmati air terjun Ngembel dari atas tebing

mungkin sebagai catatan karakteristik sungai Oyo ini mempunyai palung-palung sungai yang dalam, jadi sekedar saran hati-hati saat main air disini atau klo perlu jangan berenang disungai ini. Cukup menikmati dan berfoto-foto bersama keindahan air terjun Ngembel ini :)

11 komentar:

  1. *Mencoba untuk keberapa kalinya

    Itu airnya jernih nggak lan?
    *pengen nyemplung walau ndak bisa berenang

    BalasHapus
    Balasan
    1. airnya beni.g & sueeeger ni mbk..ini tempat main aq waktu kecil....aq kuaaangen ma tempat ini..ngbel dan selitarnya..

      Hapus
  2. @chici: hehehe Alhamdulillah akhirnya y ci.. air terjunnya jernih ci, kalo air sungainya lagi agak keruh cos hbis ujan kemarin.. klo musim kemarau bisa buat berenang airnya bening ci.. (ak juga g bsa berenang :3)

    BalasHapus
  3. dulu aku cari didaerah ini belum ketemu mas

    BalasHapus
  4. Salam kenal...:)
    Pemandangan nya indah dengan pedesaan yang masih alami...

    BalasHapus
  5. Medan panas terus jadi sejuk ne mata liat sawahnya lan..

    BalasHapus
  6. @mimi, hehehe ayo mi main kesawah :) gantian jogja sekarang panas terus nih ehhe

    @outbound training malang sukses selalu buat km juga y :)

    @La Tahja: salam kenal kembali :)

    BalasHapus
  7. beda ya ma sri gethuk?

    BalasHapus
  8. beda tempat sama Srigetuk.. air jatuh di sungai yang sama sungai Oyo

    BalasHapus
  9. wahh,,di sekitar sini ada tmpat bagus apa lagi nih mas sugeng??

    BalasHapus