Ayo ke Kawasan Hutan Mangrovenya Jogja

, , 1 comment


Kawasan hutan Mangrove ini terletak di Dusun Baros, Kretek, Bantul, Yogyakarta atau di antara pantai Depok dan Pantai Samas. Untuk menuju ke kawasan ini cukup mudah, kita bisa melewati jalan Parangtritis sampai pertigaan pasar (lurus ke pantai Parangtritis belok kanan ke pantai Samas) atau bisa melewati jalan raya Bantul menuju pantai Samas. 


Kawasan mangrove Baros terletak di Muara Sungai Opak, yang merupakan salah satu sungai di Yogyakarta yang mempunyai hulu di Merapi dan juga melintasi kawasan karst Gunung Sewu (sungai Oyo), sehingga material yang terbawa oleh sungai ini adalah campuran antara pasir vulkanik dan  tanah liat juga sampah ikut terbawa ke Kawasan Mangrove Baros tersebut.
Kawasan mangrove ini dibangun tahun 2003 oleh Kelompok Pemuda-pemudi Baros (KP2B) dan didukung oleh LSM RELUNG Yogyakarta dengan harapan Kawasan Mangrove Baros dapat menciptakan konservasi alamiah untuk daerah sekitar muara sungai Opak dan Oyo ini


kepiting capit merah ^^
Kawasan mangrove ini berfungsi sebagai kawasan konservasi daerah pesisir pantai dusun baros karena pada kawasan ini terdapat areal pertanian yang sering terancam oleh abrasi maupun banjir. selain itu kawasan ini juga berfungsi sebagai "sekolah alam" khususnya untuk mempelajari semu tentang mangrove dan ekosistemnya termasuk hewan-hewannya seperti beberapa jenis burung, ikan, serangga, juga yang sering terlihat di pinggir bakau yaitu kepiting capit merah (maaf g tau namanya hehe). Bukan hanya mempelajari mangrove dan ekosistemnya, disini kita dapat pula melakukan kegiatan penanaman mangrove. 

 Rhizophora spp., jenis bakau yang mempunyai akar jangkar
Penanaman Bakau

disini anda juga bisa bermain-main air :)



Lihat Peta Lebih Besar

Ayo berkunjung ke Kawasan Mangrovenya Jogja :)



1 komentar:

  1. kalo seandainya ingin menanam pohon bakau disitu juga, perlu minta izin ke KP2B? terimakasih

    BalasHapus