Pesona Arsitektur Sendangsono

, , No Comments


Kali ini saya berkesempatan mengunjungi wisata religi di daerah Kulon Progo Yogyakarta, yaitu Gereja dan Gua Maria Sendangsono. Sendangsono terletak di Desa Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Untuk menuju ke sini cukup mudah, dari Jogja kita melewati jalan Godean , melewati pasar Godean terus lanjut menyebrangi kali Progo sampai di perempatan lampumerah kita  ambil kanan kea rah puncak Suroloyo. Selanjutnya tinggal ikutin jalan aspal tersebut , lurus melewati  perempatan tugu lalu belok kiri di pertigaan Boro, selusuri jalan aspal akan ketemu pertigaan gereja Boro lalu ambil kanan lalu ikuti jalan aspal tersebut. Mulai dari sini aka nada papan petunjuk jalan  (jangan lupa klo ragu ttg jalan tanyalah penduduk setempat). Rute lainnya juga bias ditempuh dari arah magelang yaitu dari rute perjalanan candi Borobudur.

Sendangsono dikelola oleh Paroki St. Maria Lourdes di Promasan, barat laut Yogyakarta.Tempat ini ramai dikunjungi peziarah dari seluruh Indonesia pada bulan Mei dan bulan Oktober. Selain berdoa, pada umumnya para peziarah mengambil air dari sumber. Mereka percaya bahwa air tersebut dapat menyembuhkan penyakit. Selain itu tempat ini mempunyai bentuk arsitektur bangunan yang sangat menawan serta tertata sedemikian rupa sehingga membuat kita terkagum-kagum.


Mengunjungi gereja ini tidak dipungut biaya hanya saja pengunjung maupun penziarah diharapkan menjaga kesopanan kenyamanan tempat ini mengingat ini merupakan tempat ibadah.




0 kesan dari teman:

Poskan Komentar