Desa Wukirsari, Desa Pengrajin Batik Tulis

, , 2 comments


Desa Wukirsari terletak di kecamatan Imogiri,Bantul, Yogyakarta ini mempunyai bermacam-macam potensi khususnya potensi kerajinan lokal. Sepanjang jalan desa tersebut banyak sekali terdapat pengobatan tradisional gurah, kerajinan kulit, bambu dan yang paling menonjol adalah kerajinan batik tulis.
Untuk mencapai desa ini cukup mudah, dari kota yogyakarta kita memerlukan waktu sekitar 30-45 menit. jalur yang di tempuh pertama- tama kita melalui terminal giwangan ke arah selatan melewati jalan imogiri timur nanti kita akan melewati jembatan (jembatan karang semut), lalu sekitar 50m setelah jembatan terdapat gapura. beberapa meter setelah gapura terdapat pertigaan kecil ke arah timur. Kita ikuti jalan pertigaan tersebut sampailah di areal desa wukirsari.

ketika saya mencoba menyelusuri desa ini yang menarik adalah kerajinan batik tulisnya. Menurut mereka (warga desa wukirsari) hampir semua wanita di sini bisa membatik. Rata-rata mereka mulai membatik sejak kecil. Mereka mewarisi keahlian tersebut secara turun-temurun dari nenek moyangnya. biasanya ibu-ibu didesa ini melakukan aktivitas membatiknya untuk mengisi waktu luang seperti ibu yang ada disamping tulisan ini.

Selain itu ada juga gadis (anggap saja) bernama Amalia, siswa kelas 2 SMA yang seusai pulang sekolah atau siang hari kegiatannya membatik :). dia mengaku kalau dia sedang belajar batik, tapi hasil batik tulis yang dibuatnya menurut saya sangat bagus.

2 komentar: