Teknik Fotografi : Bulb

, , 3 comments
BULB, apa itu Bulb ?
Bulb merupakan salah satu teknik pengambilan gambar(di fotografi) dengan menggunakan speed yang sangat lambat. Sangat lambat hampir ga mungkin klo kita memegang kamera dengan tangan, untuk itu di perlukan kaki tiga alias tripod (bukan minyak kayu putih cap kaki tiga apalago cap tripod..halah..)

Alat dan Bahan (mau demo masak mas :P)
  • Tripod ( kaki tiga)
Alat fungsinya sangat penting dalam melakukan Bulb. Fungsinya agar tidak terjadi guncangan pada kamera sewaktu pengambilan gambar dilakukan yang membuatgambar berbayang. Tripod masih bisa diganti dengan meja, ato apapun dimana kamera bisa diletakan dan syaratnya tempat tersebut tidak goyang.
  • Kamera
Ini alat yang paling penting, klo ga ada kamera mau foto bulb pake apa??. Pake jidat apa pake dengkul..hhhe
  • Senter, Lampu-lampu jalan, Lampu mobil, Kembang api, Api, dll

Oia Teknik Pengambilan Foto BULB begini :

  • Shutter Speed rendah –>lebih dari 3 detik (agar didapat efek pergerakan dari benda yang di foto )
  • Diafragma Kecil –>11-22 (Untuk mendapatkan ruang tajam keseluruhan gambar lebih luas dan memungkinkan shutter speed lebih lambat)
  • ISO/ASA serendah mungkin <200 style="”color:red;”" mce_style="”color:">Menggunakan Tripod & kabel release (bila ada) –> untuk mengurangi guncangan agar gambar yang dihasilkan tidak berbayang.
  • MemFokuskan object –>foto bulb tidak hanya sekedar foto landscape(pemandangan/view) saja.melaikan dapat juga ditentukan sebuah objek foto dengan Foreground atau background efek cahaya bergerak (Moving Lights)
  • Metering Objek–>dimaksudkan agar objek yang difoto dapat tergambar dengan pencahayaan yang cukup jelas,kecuali jika sang fotografer mempunyai maksud lain dengan men-Set metering objek Under atau Over expos.


Teknik bulb ini sering juga disebut teknik melukis dengan cahaya, seperti halnya menggambar di atas kertas. namun perbedaanya adalah pada media yang digunakan. melukis dengan cahaya adalah sebuah teknik yang menggunakan kamera sebagai alat untuk mereproduksi atau merekam cahaya, yang nantinya akan memadukan titik-titik cahaya menjadi sebuah gambar yang artistik.

Saia mencoba belajar foto bulb, dan ini hasilnya (maav klo jelek, masih dalam tahap belajar)





Klo masih kurang jelas bisa nonton film di bawah ini :


*** SILAKAN MENCOBA ***

3 komentar: